Sebagai seorang entrepreneur, hal mendasar yang harus terus ditingkatkan agar bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien adalah bagaimana sumber daya manusia dapat memberikan produktivitas yang tinggi sehingga outputnya meningkatkan dan inputnya menurun. Ini adalah bagian dari indikator untuk melihat bagaimana sumber daya yang menjadi human capital bagi perusahaan merupakan benar-benar sebagai asset perusahaan. 

Oleh karena itu, entrepreneur perlu terus memperhatikan kompetensi dalam mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan. mereka benar-benar sebagai asset yang harus dikelola dan memberikan manfaat kepada perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh entrepreneur

1.       Pahami bahwa entrepreneur adalah manajer sumber daya manusia bagi perusahaan
Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur menjalankan perencanaan, pengorganisasian, menjalankan dan mengendalikan dan mengevaluasi setiap pengelolaan karyawan. aktivitas ini penting bagi setiap entrepreneur agar produktivitas karyawan meningkat. Hal ini diawali dengan membuat struktur organisasi, job description, job specification, rekrutmen, seleksi, penempatan, kompensasi sampai termination setelah diberikan training dan career management.

2.       Hal mendasar yang harus dipahami entrepeneur adalah memahami perilaku karyawan
Kunci untuk mengelola karyawan adalah bagaimana entrepeneur memahami perilaku konsumen yaitu bagaimana karyawan itu berfikir, bertindak, membuat keputusan dalam perusahaan. ini adalah bentuk perilaku karyawan.

3.       Memberikan pelatihan kepada karyawan
Utamanya entrepeneur harus terus meningkatkan kompetensi karyawan yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan serta sikap mereka dalam perusahaan.

4.       Memberikan coaching dan mentoring serta counseling

Ini yang paling penting yang harus dilakukan oleh setiap entrepeneur bagi karyawan yaitu bagaimana memberikan coaching, mentoring dan counseling bagi setiap karyawan agar dapat bekerja dengan optimal dan membuat keputusan yang tepat dalam perusahaan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: