kemaren, dalam kuliah SAP HR, materi yang saya berikan adalah berhubungan dengan bagaimana melakukan proses rekruitmen dalam setiap perusahaan, akan tetapi, berhubungan dengan ERP yaitu SAP. Materi yang diberikan sangat penting bagi entrepreneur dalam membangun usaha mereka agar sukses kedepannya.

Apa yang ditawarkan oleh setiap materi rekrutmen ini tidak bisa lepas dari proses yang ada dalam manajemen sumber daya manusia. Proses panjang dari analisis jabatan sampai dengan termination atau pemutusan hubungan kerja dengan para karyawan. ini adalah proses yang harus dipahami dengan baik.

akan tetapi, ada lagi yang paling penting yaitu bagiamana membangun sumber daya manusia yang kuat itu dengan melihat visi dan misi serta tujuan dari perusahaan setiap entrepreneur. tujuan ini harus diperjelas dan dipahami. Tidak ada konsep yang akan tepat dalam membangun hr bila tidak memahami visi dan misi perusahaan.

sebegitu pentingkah? Benar sekali, penting untuk memahami apa yang sudah dibuat di awal perusahaan agar hal tersebut tidak hanya menjadi rencana saja. Buat apa sesuatu yang direncakan akan tetapi tidak ada realisasinya. Akan sia-sia untuk setiap entrepreneur.


Proses yang ada dalam manajemen sumber daya manusia harus benar-benar dijalankan dan diharapkan akan ada perbaikan terus menerus bagi entrepreneur itu sendiri. tidak ada kata cepat puas dalam kegiatan ini. sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: