Hari ini adalah hari yang sangat memberikan arti bagi saya ketika harus mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sumber daya yang ada yaitu teknologi. Sebelumnya, seringkali berpandangan bahwa bisnis itu akan berkembang dengan sendirinya serta memanfaatkan sumber daya selain information dan teknologi. Akan tetapi, semakin kesini dan apalagi hari ini, didapatkan bahwa sudah saatnya memforkuksan diri kepada IT

Bila dilihat hubungannya dengan bisnis, peranan IT itu sendiri dapat dimanfaatkan dalam proses bisnis yang ada dalam setiap bisnis entrepeneur. Proses bisnis menjadi backbone dari setiap bisnis yang dijalankan. Perhatian inilah yang kurang difokuskan selama ini, apalagi dalam konteks pencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainaiblity serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro,kecil dan menengah serta besar.

Sebagai seorang ahli strategi, konteks strategic young entrepeneur menjadi perhatian yang luar biasa. Bagiamana menciptakan seseorang menjadi ahli strategi dan hubungannya dengan IT ini sangat lah signifikan dan bersifat stratejik. Tujuan bisnis para entrepeneur yaitu mencapai keunggulan bersaing dapat dicapai dengan menanfaatkan IT ini.

Apa yang harus disiapkan oleh para entrepreneur untuk memanfaatkan IT ini? setiap entrepeneur harus menyadari bahwa IT itu dapat memberikan peran strategis bagi bisnis, baik saat ini maupun yang akan datang. Kesadaran ini akan membentuk komitmen untuk terus meningkatkan kesiapan diri dan bisnis memanfaatkan IT bagi bisnis mereka masing-masing.

Kedua adalah mempelajari IT yang sesuai dengan bisnis para entrepeneur. pembelajaran ini penting karena belajar dari banyak perusahaan, mereka lebih banyak melakukan investasi pada IT, akan tetapi lemah dalam aplikasi atau pemanfaatnnya dalam bisnis itu sendiri karena tidak didukung oleh sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. dalam hal ini adalah sumber daya manusia yang memegang peranan penting bagi eksekusi nya.

Ketiga adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh entrepeneur itu sendiri untuk menerapkan IT ini. hal ini berhubungan dengan manajemen yang digunakan oleh entrepeneur dimana terdapa perencanaan, organisaing, actuating serta controlling atas apa yang sudah direncanakan dalam IT tersebut. kesalahan orang adalah tidak fokus pada kebijakan ini dan seakan-akan melepaskan kepada orang lain. Salah besar.

Keempat, sehubungan dengan manajemen, perlu entrepeneur menekankan kepada aspek controlling atau pengendalin atas apa yang sudah dicapai dalam setiap aktivitas yang sudah dijalankan oleh IT tersebut. pengendalian ini untuk tetap memastikan bahwa apa yang sudah direncakan dengan pemanfaatan IT ini benar-benar mencapai tujuan bisnis.


Oleh karena itu, pelajaran yang berharga bagi saya hari ini adalah bagaimana mengoptimasi IT adalam bisnis agar bisan  memberikan benefit bagi diri mereka dan bisnis itu sendiri. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: