Memanfaatkan teknologi informasi untuk bisnis menjadi salah satu syarat untuk membuat bisnis bisa mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage. Perlu disadari bahwa teknologi informasi sudah menjadi backbone bagi perusahaan dan ketika bisnis tidak bisa memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan, maka perusahaan akan ketinggalan dibanding pesaing.

Salah satu manfaat dari teknologi informasi berbasis internet adalah market place dimana ada web yang mempertemukan antara pembeli dan penjual. Lihat saja tokopedia.com yang sudah sangat gencar mempromosikan perusahaan  mereka dalam konteks bisnis. Marketplace ini bahkan memanfaatkan angkutan umum untuk mempromosikan kepada masyarakat. Oleh karena itu, entrepreneur perlu

1.       Fokus mengenali karakteristik bisnis
Karakteristik bisnis para entrepreneur perlu didefinisikan dengan baik agar bisa disesuaikan dengan marketplace
yang ada. Hal ini penting karena tidak semua produk itu cocok dengan marketplace yang ada. Ada bisnsi yang bergerak di agribisnis, perdagangan dan jasa.

2.       Menganalisis target market
Target market yang jelas menjadi kunci sukses dalam memanfaatkan marketplace. Tentu yang ditarget adalah anak muda yang menyukai internet dalam komunikasi dan mereka terus mencapi produk-produk baru di internet. Ketika ini sudah diketahui, akan lebih mudah untuk mencapainya.

3.       Memahami marketplace
Entrepeneur perlu dan wajib memahami dengan baik konsep marketplace dan perusahaan yang menyediakan marketplace tersebut. Hal ini dilihat dari latar belakang manajemen mereka, business process sampai dengan marketing program yang mereka jalankan dalam memasarkan marketplace tersebut.

4.       Mulai memanfaatkan marketplace
Mulai lah memanfaatkan marketplace untuk menjalankan bisnis, khususnya dalam marketing program. Hal ini berhubungan dengan bagaimana mendaftar di marketplace ini dan lalu terus memasarkan produk. 

5.       Melakukan inovasi pada produk dan komunikasi yang intens

Terus lakukan inovasi produk agar menjadi daya tarik bagi konsumen yang berkunjung ke marketplace tersebut. Lalu, jangan hanya menunggu perusahaan marketplace untuk mempromosikan, entrepreneur juga perlu intens mempromosikan kepada target market. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: