Karyawan itu benar-benar aset bagi perusahaan dan harus ditanamkan nilai-nilai perusahaan kepada mereka... inilah yang didapat dari Pak Nandang Komara, Direktur Operasional Rabbani dalam program Nubiz Goes to Rabbani.

Satu hal yang paling pending dalam membangun karyawan yang kuat dan berkontribusi optimal bagi perusahaan adalah menanamkan nilai-nilai perusahaan ke dalam diri setiap karywan. Nilai-nilai ini merupakan cerminan dari nilai-nilai agama Islam yang menjadi dasar Rabbani.

Penamanan nilai perusahaan ini diawali sejak karyawan bergabung dengan perusahaan dimana proses rekrutmen dan seleksi kepada setiap anak muda, baik laki-laki ataupun perempuan yang bergabung. Jelas, mereka sedikit banyak harus bisa membaca Alqur’an dan tetap menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim

Setelah itu, mereka juga dibiasakan dalam kegiatan sehari-hari mendasarkan diri kepada ajaran agama Islam. Inilah yang paling penting bagi setiap karyawan di Rabbani. Tidak ada pengecualian dalam membangun diri setiap karyawan.

Secara konsep manajemen, jelas, hal ini menjadi pola yang terstruktur yang harus dibangun oleh setiap manajemen perusahaan dimana setiap karyawan memiliki nilai-nilai perusahaan yang harus ditegakkan. Tidak ada pengecualian karena akan berdampak kepada perusahaan itu dalam jangka panjang.

Dalam kesehariannya, saya juga melihat bagimana aktivitas karyawawan yang mendapatkan morning briefing dari supervisor dan sharing pengetahuan dan pengalaman kepada setiap karyawan, sembari mengingat kembali nilai-nilai perusahaan.


Disinilah yang menjadi kunci sukses membangun nilai perusahaan. setiap orang harus bisa membangun nilai tersebut dan dimulai dari pengetahuan mereka, lalu pemahaman, penghayatan serta pelaksanaan sampai dengan kebiasaan serta menjadi perilaku setiap karyawan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: