Sebagai seorang entrepreneur, yang akan selalu dihadapi oleh setiap orang adalah bagaimana lingkungan bisnis yang selalu berubah. Rasanya, ini adalah sebuah hal yang semakin terasa dalam diri setiap entrepreneur saat ini ketika menyaksikan bagaimana perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi. Semuanya akan sangat mempengaruhi kualitas bisnis dalam hal pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability, serta tumbuh dan berkembang  dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Perubahan situasi ekonomi saat ini yang begitu cepat yaitu bagaimana kenaikan harga bahan baku, berupa daging sapi, daging ayam yang seolah-olah naiknya begitu tinggi dan memperlihatkan bagaimana kenaikan biaya  yang harus ditanggung oleh para entrepreneur. belum lagi nilai tukar rupiah terhadap dolar yang semakin melemah yang menyebabkan biaya juga semakin tinggi dan membuat bisnis harus meningkatkan biaya operasional mereka.

Belum lagi perubahan lingkungan politik yang sekarang ini semakin terlihat tidak jelas. Bagaimana gaduhnya politik yang disebabkan oleh para politisi  yang seringkali mengeluarkan kebijakan ataupun opini dan bahkan tindakan yang seringkali bertentangan dengan apa yang seharusnya oleh setiap entrepreneur. akhirnya, semua masyarakat memberikan pendapat dan bahkan para netizen memberikan tanggapan yang luar biasa karena mereka bebas memberikan pendapat.

Bagaimana dengan lingkungan geografi yang seringkali mengalami bencana alam dan membuat kondisi bisnis menjadi terganggu. Lihat saja banjir yang terjadi di Jakarta sekarang ini. termasuk juga gempa bumi dan juga letusan gunung berapi. Semuanya berdampak kepada bisnis para entrepreneur dalam hal mencapai tujuan bisnis tersebut.

Disinilah hal yang mendasar yang harus dilakukan oleh para entrepreneur dengan membangun dan mengembangkan kekuatan diri dalam berbisnis. Tidak bisa lagi entrepreneur fokus pada hal-hal yang bersifat rutinitas karena hal ini akan menjebak sendiri dimana banyak orang yang akan terjebak dengan tidak melihat perubahan lingkungan bisnis yang terjadi. Sejatinya, seorang entrepreneur harus benar-benar sensitive dengan apa yang terjadi saat ini dan memperhatikan setiap perubahan lingkungan bisnis.

Inilah yang harus mendapatkan perhatian agar entrepreneur benar-benar bisa membangun sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Perkuat diri dalam hal pemahaman tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis, manajemen, manajemen strategik dan pendekatan diri kepada Allah SWT. Inilah kekuatan yang harus dibangun dan dikembangkan oleh para entrepreneur. bagaimana dengan anda? Hmmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: