Ada satu tantangan  yang sangat besar dihadapi oleh para entrepreneur saat ini yaitu bagaimana mereka harus mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau sustainable competitive advantage di tengah tingginya tingkat persaingan bisnis saat ini. tidak dapat dipungkiri juga bahwa lingkungan bisnis eksternal dari setiap bisnis mengalami perubahan yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol, dan mengalami turbulensi. Penggunaan IT menjadi salah satu solusi yang harus diambil oleh para entrepreneur. beberapa tips yang harus dilakukan



Membangun mindset Information Technology sebagai backbone bisnis



Mindset berhubungan dengan sikap mental dari setiap entrepreneur dan juga karyawan terhadap proses bisnis dan dihubungkan dengan teknologi informasi yang relevan dengan bisnis mereka. Salah satu point utamanya adalah teknologi informasi itu adalah backbone dalam bisnis mereka untuk mencapai daya saing.



Mendalami proses bisnis perusahaan



Entrepreneur harus mendalami proses bisnis dalam perusahaan agar bisa unggul dan menyesuaikan dengan teknologi informasi yang tepat. Proses bisnis yang dijalankan perusahaan disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh entrepreneur atas teknologi informasi



Mempersiapkan IT dalam proses bisnis



Entrepreneur harus mempersiapkan fasilitas berupa teknologi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan yang akan dijalankan oleh setiap karyawan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen.



Memberikan pembelajaran kepada karyawan



Berikan pelajaran berupa pelatihan dan pengembangan diri kepada setiap karyawan agar mereka memiliki pemahaman, keterampilan serta sikap yang benar terhadap teknologi informasi dalam perusahaan.



Mengevaluasi



Melakukan evaluasi atas pemanfaatan teknologi informasi tersebut dengan membandingkan antara tujuan yang hendak dicapai dan juga realisasi atau hasil yang didapatkan dalam bisnis. hal ini juga dilakukan dengan membandingkan kepada pesaing.



Melakukan perbaikan



Entrepreneur bersama karyawan melakukan perbaikan atas teknologi informasi dalam proses bisnis. bersama dengan karyawan akan dapat meningkatkan pemahaman mereka atas teknologi informasi.



Menjelaskan kepada karyawan bahwa IT itu menjadi backbone bisnis para entrepreneur.



Entrepreneur harus terus menjelaskan kepada karyawan mereka bahwa teknologi informasi itu menjadi tulang punggung bagi bisnis untuk mencapai daya saing. Karyawan harus benar-benar memanfaatkan teknologi informasi.



Inilah beberapa Tips Enterprise Resources Planning yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: