Assalamualaikum Kang Meriza

Saya ingin perkenalkan diri saya dulu, nama saya Neni dan memiliki bisnis fashion yang saya bangun sejak lima bulan yang lalu.  Saya melihat perlunya membangun merek usaha saya agar bisa dikenal oleh banyak orang. Masih ingat saya dengan konsep AIDA atau attention, Intererest, Desire dan Action yang pernah akang bahas di forum ini beberapa waktu yang lalu.

Namun demikian, saya merasakan ada kendala dalam membangun merek usaha saya ini. saya memiliki keterbatasan dana dan juga relasi yang kurang banyak agar program komunikasi perusahaan saya bisa optimal. Oleh karena itu, apa yang sebaiknya saya lakukan agar merek perusahaan saya bisa semakin terkenal oleh masyarakat dan stakeholder lainnya.

O iya kang, saya juga aktif di berbagai komunitas seperti Tangan Di Atas atau TDA. Mungkinkah saya bisa membuat brand usaha saya lebih besar? Mohon saran akang

Neni, Bandung

Wassalam Teh Neni,

Sehubungan dengan pertanyaan teteh, memang salah satu isu yang harus ditangani oleh para entrepeneur dalam membangun bisnis mereka adalah bagaimana bisnis tersebut membiliki merek yang kuat di benak konsumen. Merek adalah aset yang luar biasa dan harus benar-benar dikelola dengan baik. merek yang kuat akan membuat bisnis tersebut menjadi “jalan” sendiri

Akan tetapi, memang akan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Saran saya, dari apa yang saya lakukan selama ini dan juga saya pelajari, awali lah membrandingkan diri teteh selaku entrepeneur karena itu akan membantu percepatan branding bisnis kita. pada awalnya, bisnis tersebut membutuhkan brand dari owner nya agar stakeholder bisa mengenal dengan baik.

Banyak cara untuk membangun personal brand seorang entepreneur dan konsep yang seringkali disampaikan oleh markplus yaitu low cost high impact adalah strategi yang tepat untuk memulainya. Salah satunya adalah membangun blog pribadi yang menggambarkan aktivitas, konsep bisnis, keunggulan produk, keunggulan bisnis, jaringan, kemudahan menghubungi bisnis yang dijalankan. Akan tetapi, tekankan kepada personal teteh sendiri. tidak untuk berjualan di blog ini. 

Komunitas juga perlu dioptimasi agar memberikan value yang optimal bagi personal brand teteh. Ini menjadi penting untuk brand sendiri. akan tetapi, tolong perhatikan 5 M untuk itu, yaitu mission, message, media, man, money dalam membrandingkan diri teteh. Mission berhubungan dengan tujuan, message itu pesan apa yang disampaikan, media apa yang dipakai, man itu siapa yang mengelola dan money, berapa anggaran yang disiapkan. Sukses ya teh..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: