Assalamualaikum Kang Meriza
Sebelumnya, saya ingin memperkenalkan diri dulu, nama saya Rina Susanti dan saat ini saya menjalankan bisnis salon yang merupakan bisnis yang dijalankan oleh orang tua saya.

Jadi, saya adalah generasi kedua di keluarga kami yang berbisnis ini. Ibu saya sudah menjalankan bisnis ini selama lima tahun dan sudah memiliki tiga cabang di Kota Bandung dan juga di Cimahi. Alhamdulillah kang, semuanya berjalan dengan baik.

Namun demikian, saya ingin bertanya kepada akang karena akhir-akhir ini, saya mengikuti rubrik yang akan bina ini selalu membahas bagaimana berbisnis dengan passion agar bisa membuat bisnis ini bisa jangka panjang. Selalu saya ingat dengan konsep profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Saya menjadi bertanya-tanya, apa yang bisa membuat bisnis salon ini jangka panjang? Karena bisnis ini dimulai oleh orang tua saya dan saya diharapkan untuk bisa melanjutnya bisnis ini. Pelanggan salon ini juga sudah banyak dan loyal kepada perusahaan.

Tentu saya tidak ingin mengecewakan orang tua yang sudah memulai bisnis ini. Harapan mereka sangat besar kepada saya agar bisa fokus untuk mengembangkan bisnis ini. Saya ingat dengan pernyataan akan yaitu generasi pertama membangun dan generasi kedua mengembangkan bisnis tersebut. .

Demikain saya sampaikan dan besar harapan saya kepada akang untuk memberikan saran apa yang harus saya lakukan. Atas perhatian dan saran dari akang, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Wassalam,
Rina Susanti, Bandung

Wassalam Teh Rina,
Waaah... saya selalu senang ketika membaca surat dari entrepeneur yang memiliki orang tua sudah berbisnis dan tuntutan kepada para entrepeneur itu sendiri adalah bagaimana melanjutkan usaha mereka tersebut. senang sekali rasanya karena bagi saya, Teh Rina sudah memiliki gen untuk menjadi entrepeneur sukses.

Bicara tentang bisnis salon yang dijalankan oleh orang tua teteh, memang benar ada semacam tanggung jawab moral anak untuk melanjutnyakkannya. Memang benar, statement yang menyatakan bahwa generasi pertama itu membangun dan generasi kedua mengembangkan. Halini berlaku juga bagi Teh Rina dalam menjalankan bisnis salon yang sudah dibangun oleh orang tua tersebut.

Untuk membuat bisnis ini bisa jangka panjang, tentu teh Rina harus terlebih dahulu kembali ke diri yaitu bagaimana bertanya kepada diri sendiri. Apakah bisnis salon ini sesuai dengan potensi diri dan juga passion teteh dalam berbisnis? Ini penting karena dalam perjalanan bisnis itu yang dalam bahasa saya selama minimal 10 tahun kedepan, akan menghadapi banyak tantangan dan ancaman karena perlu dipahami bahwa bisnis salon itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah.

Potensi diri dan passion ini akan membentuk talent atau bakat dalam menjalankan bisnis. Talent inilah yang harus digali dulu oleh teteh agar bisa melewati berbagai tantangan dan ancaman dari perubahan lingkungan bisnis salon yang tidak pasti, selalu berubah, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi. Oleh karena itu, teteh harus menggali potensi dan passion dalam hubungannya dengan bisnis salon ini.

Akan tetapi, perlu teteh ketahui bahwa biasanya potensi itu datangnya dari orang tua dan passion itu diciptakan oleh lingkungan dimana teteh berada. Saya yakin teteh punya potensi dan passion di bisnis salon dan tinggal dikembangkan potensi danpassion ini untuk membuat bisnis salon yang dibangun oleh orang tua ini untuk teteh kembangkan agar bisa berusia jangka panjang. Sukses terus buat teh Rina.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: