Mengelola keuangan perusahaan adalah aktivitas utama yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis karena berhubungan dengan apa yang menjadi tujuan bisnis itu sendiri yaitu bagiamana membuat bisnis yang mampu memberikan profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

1.       Membuat anggaran perusahaan
Setiap entrepreneur harus mulai fokus dalam membuat anggaran perusahaan selama satu tahun agar bisa membuat bisnis yang berbasis kepada anggaran untuk bisa unggul.

2.       Memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan
Entrepreneur harus benar-benar bisa membuat pemisahan atas keuangan pribadi dan juga keuangan perusahaan karena itu adalah aktivitas wajib yang harus dilakukan untuk membuat bisnis bisa bertahan dengan baik.

3.       Mencatat setiap transaksi keuangan
Setiap transaksi yang terjadi di perusahaan harus dicatat dengan baik dan pastinya membuat informasi yang nyata tentang bagaimana bisnis itu harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam membangun bisnis yang unggul. Pencatatan adalah wajib hukumnya bagi setiap entrepreneur.

4.       Membaca hasil catatan transaksi keuangan
Entrepreneur harus bisa membaca hasil catatan transaksi keuangan yang berupa laporan keuangan yang harus dianalisis. Catatan berupa laporan keuangan ini adalah informasi yang sangat penting dan sangat berharga bagi para entrepreneur dalam berbisnis.

5.       Mengontrol biaya
Entrepreneur harus bisa mengontrol biaya yang ada di perusahaannya karena berhubungan dengan bagaimana biaya itu ditekan dan tidak melebihi anggaran yang sudah dibuat oleh setiap entrepreneur.

6.       Mempersiapkan dana cadangan perusahaan
Entrepreneur harus bisa membuat atau mempersiapkan dana cadangan perusahaan yang dibutuhkan untuk operasional perusahaan sewaktu-waktu dibutuhkan oleh manajemen untuk membayar hal-hal yang tidak terduga yang pastinya sudah dianggarkan oleh perusahaan.

7.       Melakukan evaluasi atas pengelolaan keuangan dan lakuakn perbaikan
Entrepreneur wajib melakukan evaluasi atas pengelolaan keuangan dan penggunaan keuangan berbasis anggaran. Bila ada yang kurang, harus diperbaiki dan kalau ada yang baik, harus ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: