Aslm Kang Meriza,
Perkenalkan nama saya Budi Muliana dan berbisnis pembuatan pagar, kanopi, teralis dan juga tangga serta berbagai produk yang relevan dengan kebutuhan pemiliki rumah.

Bisnis ini sudah saya jalankan selama tiga tahun dan alhamdulillah, konsumen semakin bertambah dengan coverage Bandung Raya. Ini memang sudah menjadi target saya untuk mengembangkan pasar untuk bisnis ini.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan bisnis tersebut, saya menemukan satu masalah dimana setiap proses bisnis selalu membutuhkan kehadiran saya dan karyawan juga tidak bisa “ditinggal” untuk mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Tentu hal ini berdampak kepada produktivitas bisnis dan rencana pengembangan bisnis kedepannya. Konsep bisnis yang saya dapatkan jelas tidak dapat digunakan dalam bisnis saya ini dan akan berisiko untuk jangka panjangnya. Saya takut pak, bila ini terjadi. Padahal saya berharap bisnis saya dapat tumbuh dan berkembang.

Oleh karena itu, saya berharap masukan dari akang untuk pengembangan bisnis saya ini.

Wassalam, Budi Muliauna
Padalarang

Wassalam Kang Budi
Menjadi entrepeneur adalah hal yang paling menyenangkan dan memiliki peluang yang luar biasa untuk berhasil kedepannya. Keberhasilan ini tentu relevan dengan mau jadi apa mereka kdepannya. Biasanya, para entrepreneur miliki dream bagaimana bisa memiliki aset yang banyak serta bisa berbagi dengan banyak orang berupa lapangan kerja dan juga membantu masyarakat sekitar.

sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi, maka setiap entrepreneur memang harus memiliki knowledge dan skill yang berhubungan dengan proses bisnis dalam setiap bisnis yang mereka jalankan. Proses bisnis ini berhubungan dengan setiap aktivitas bisnis dari supplier, perusahaan, distributor dan juga konsumen.

Untuk konteks bisnis akang yang sudah berjalan selama tiga tahun ini, tantangan terbesar dalam proses bisnis adalah membuat standard Operation Procedure (SOP) untuk setiap aktivitas bisnis yang ada di dalam bisnis. SOP itu berhubungan dengan keuangan dan akuntansi, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Konsep dasar nya adalah mencatat apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis. Ini yang harus dilakukan oleh akang dalam membangun kinerja yang lebih baik melalui SOP ini. Mencatat dan menjalankan inilah yang menjadi kata kuncinya. Oleh karena itu, akang mulai mencatat berbagai kegiatan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Setelah itu, mulai meningkatkan apa yang ditulis tesebut dengan membandingkan antara apa yang hendak dicapai dalam bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang sehingga akang akan mendapatkan SOP yang semakin baik. konsep continues improvement menjadi kata kuncinya.  Sukses untuk akang ya...
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: