Karyawan dalam perusahaan sudah berganti peran sebagai sebuah asset atau yang leih dikenal dengan human capital. Setiap orang dalam perusahaan diharapkan memberikan kontribusi yang optimal atau yang disebut dengan produktivitas. Disinilah asset yang dimiliki entrepreneur dalam bentuk knowledge, skill, attitude, pengalaman dan komitmen dalam bekerja. Salah satu fondasi dalam mengoptimasi produktivitas karyawan dalam perusahaan adalah

  1. Menganalisis business process perusahaan
Hal ini diawali dengan memetakan proses bisnis yang ada dalam perusahaan dimana kegiatan yang berhubungan dengan supplier, input, process, output dan consumer. Pemetaan ini penting utnuk menentukan aktivitas utama dalam perusahaan.

  1. Mendesain struktur organisasi sesuai proses bisnis dalam perusahaan
Desain struktur organisasi disesuakan dengan proses bisnis dalam perusahaan yaitu bagaimana mulai dari supplier, input, proses, output dan konsumen.

  1. Menentukan job description
Job description berisikan kumpulan tugas-tugas yang melekat pada setiap struktur organisasi dan ini penting untuk dibuat seditail mungkin agar tidak salah. Kumpulan tugas  yang detail akan mampu memberikan gambaran bagaimana setiap orang dalam perusahaan dapat bekerja dengan baik.

  1. Menentukan job specification
Yang tidak kalah penting dalam diri setiap struktur organisasi adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap orang dalam perusahaan untuk menduduki jabatan dalam organisasi berbasis kepada job description. Hal ini berhubungan dengan syarat pendidikan, pengalaman, sikap, dan syarat teknis lainnya.

  1. Menentukan hubungan antara posisi dalam struktur organisasi
Hubungan ini menunjukkan bagaimana setiap orang dalam perusahaan mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka. Siapa bertanggungjawab kepada siapa dan biasanya mereka maksimal bawahan setiap orang maksimal delapan orang. Hubungan tersebut harus benar-benar dilihat sebagai sebuah bentuk tanggungjawab untuk setiap keputusan.

  1. Melakukan evaluasi atas struktur organisasi yang dibuat
Struktur organisasi yang dibuat oleh para entrepeneur harus dievaluasi dengan membandingkan antara tujuan dengan capaian. Akan diketahui gap atau kesenjangan antara tujuan dengan capaian dan disinilah peran evaluasi atas struktur organisasi.

  1. Melakukan perbaikan terus menerus
Para entrepreneur perlu melakukan perbaikan terus menerus terhadap struktur organisasi yang ada karena berhubungan dengan bagaimana tujuan yang ditetapkan sebagai dasar pengelolaan sumberdaya manusia.


Inilah beberapa tips Human Capital yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: