Aslm kang meriza

Sebelumnya, bisnis saya adalah toko pakaian yang sudah dijalankan oleh orang tua saya selama 10 tahun. Perjalanan bisnis toko ini tidaklah gampang dan sudah dilewati oleh orang tua saya selama ini.

Saat ini, bisnis toko pakaian sudah cukup maju dengan indikator transaksi yang sudah cukup banyak, produk yang dijual beragam serta konsumen yang sudah banyak. Mereka sudah loyal dengan toko pakaian yang saya kelola dengan orang tua ini.

Akan tetapi, ada satu hal yang mengganjal dalam pikiran saya sehubungan dengan karyawan yang saat ini sudah berjumlah 10 orang dan bekerja sejak usaha ini dimulai. Memang ada juga yang baru bekerja selama 4 tahun. 

Masalahnya adalah mereka bekerja "seadanya saja" dan tidak ada perencanaan, organizing, actuating dan controlling pada setiap pekerjaan yang dikasi kepada mereka. Padahal ada yang ditunjuk sebagai supervisor diantara mereka.

Saya merasakan terlalu berat buat saya kalau mereka bekerja seperti ini terus. Saya tidak bisa melakukan ekspansi. Mohon saran dari akang, apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mengatasi hal ini.

Hormat saya,
Hendri, Bandung.


Wassalam kang hendri.

Senang sekali mendengar akang mau terjun ke dalam bisnis yang sudah dijalankan oleh orang tua dan itu tidak mudah. Tidak banyak anak muda yang mau mengambil sikap dan keputusan seperti akang. Mereka seringkali malu untuk menjalankan bisnis yang sudah dijalankan oleh orang tua tersebut. Padahal, tidaklah mudah untuk memulai bisnis, baik dari aspek waktu, tenaga, pikiran dan juga dengan uang.

Saya jadi teringat dengan konsep generasi pertama membangun dan generasi kedua mengembangkan. Inilah beban yang ada di pundak akang saat ini. Bagaimana mengembangkan bisnis toko pakaian ini biar tambah besar.

Satu hal yang paling penting adalah bagaimana kontribusi karyawan dalam pengembangan bisnis ini. Karyawan tidak tergantung pada kita, akan tetapi, kita yang lebih tergantung pada mereka. Setiap karyawan memiliki kontribusi yang strategis buat bisnis kita.

Lalu, isu yang harus diselesaikan adalah karyawan yang mana yang kita butuhkan? Karyawan yang memiliki knowledge, skill dan attitude atau ksa yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan, salah satunya adalah manajemen. 

Kemampuan manajerial setiap karyawan harus ditingkatkan agar mereka bisa bekerja mandiri untuk mencapai tujuan bisnis akang. Caranya, berikan pendidikan dan pelatihan kepada mereka dengan berbagi pengalaman dan juga undang teman yang sukses dalam bisnis untuk berbagi. 

Kemudian, berikan kesempatan kepada mereka untuk menerapkan pengetahuan tersebut. Kesempatan memanfaatkan pengetahuan dalam pekerjaan sehari-hari ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi setiap karyawan karena mereka bisa langsung belajar dan mengimplementasikan pelajaran yang didapatkan. Hasil dari setiap pelaksanaan pengetahuan tersebut adalah mereka juga langsung belajar dari berbagai hal baru yang mereka temukan dalam implementasi tersebut. selain itu, juga ada proses perbaikan terus menerus.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: