Assalamualaikum wr. Wb. 
Pa kabar kang Meriza, saya kiki, salah seorang pendengar acara akang di salah satu Radio di Kota Bandung yang membahas entrepreneur berbasis pengetahuan. Saya sangat tertarik kang, karena memang terasa bagaiamana keberhasilan bisnis akan semakin cepat bila kita didukung oleh pengetahuan bisnis dan manajemen.

Ada satu hal yang ingin saya tanyakan sehubungan dengan bisnis saya di bidang konveksi. Bisnis ini sudah saya jalankan sejak 5 tahun yang lalu bersama istri saya. Saya punya 10 karyawan yang membantu bisnis ini. 

Adapun permasalahan yang sedang saya hadapi adalah saya belum merasakan profit seperti yang saya targetkan selama ini. Rasanya, penjualan sudah digenjot terus-terusan dan sudah mencapai titik optimal. 

Akan tetapi, kok profitnya tidak berbanding lurus dengan kenaikan penjualan bisnis saya ini. Dimana salahnya? Ini selalu menjadi pertanyaan saya dalam berbisnis. Saya seringkali merasa down akang.

Demikian pertanyaan saya kepada akang dan semoga akang memberikan masukan buat saya. Atas jawaban akang, saya ucapkan terima kasih.
Wassalam,
Erik, Bandung

Wassalam kang erik
Senang sekali akang mendengarkan acara saya di salah satu radio yang membahas entrepreneurship. Memang saya menekankan bagaimaiap entrepreneur harus berbasis pengetahuan untuk mencapai kesuksesan bisnis mereka. Ini menjadi kunci sukses.

Menjawab masalah yang sedang akang hadapi, penting untuk melihat proses bisnis usaha akang tersebut. Secara konseptual, dalam bisnis terdapat TP = TR - TC yang merefleksikan total profit adalah selisih antara total revenue dengan total cost.

Perhatian akang terlihat baru fokus ke total revenue dalam bentuk peningkatan penjualan, untuk mencapai profit, hal ini belum cukup karena masih ada indikator lainnya yaitu total cost yang ditimbulkan dari aktivitas bisnisnya.

Oleh karena itu, akang harus mengontrol total cost tersebut. Salah satu sumber pembiayaan tersebut adalah kesalahan dalam proses bisnis. "Kebocoran" dalam bentuk defect tersebut akan menambah cost. Oleh karena itu, harus ada upaya meminimalisir kebocoran tersebut.

Six sigma adalah salah satu pengetahuan yang nantinya menjadi tool bagi akang dalam mengurangi cost tersebut. Tool ini harus digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan profit. Oleh karena itu, akang perlu meningkatkan pengetahuan tentang six sigma.sukes buat akang
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: