Sebagai seorang entrepreneur, jelas tugas yang mendasar ketika sudah menjalankan peursahaan adalah bagaimana menjadi seorang manajer sumber daya manusia atau HR Manager. Ini tidak bisa ditolak lagi karena inilah fondasi bagi perjalanan bisnis untuk sukses. Salah satu isu yang paling utama adalah bicara hak karyawan yang bekerja bersama para entrepreneur. tentu diperlukan pemahaman yang baik serta aplikatif bagi para entrepreneur untuk bisa mengelolanya dengan baik.

1.       Mindset bahwa karyawan itu adalah asset
Karyawan itu adalah asset yang sangat berharga bagi entrepreneur ketika asset seperti mesin, bangunan dan lain-lain sudah dimiliki. Tetapi, manusia adalah yang paling penting.

2.       Karyawan itu juga manusia
Karayawan adalah manusia dan memiliki logika dan rasa ketika bekerja dengan entrepreneur untuk memberikan pikiran, tenaga sampai dengan waktu mereka kepada entrepreneur. manusiakan mereka agar mereka loyal kepada entrepreneur.

3.       Karyawan memiliki need, want dan demand
Karyawan memiliki need, want dan demand ketika bekerja dengan para entrepreneur dan harus dipahami dengan baik sebagai basis untuk memperkerjakan mereka.

4.       Mereka sudah mengetahui hak dari pesaing dan peraturan pemerintah.
Entrepreneur haus memahami bahwa karyawan itu juga mendapatkan edukasi tentang gaji yang harus mereka dapatkan. Jadi, jangan sampai membuat karyawan seoalah-olah tidak paham.

5.       Hitung hak
Entrepreneur harus menghitung hak-hak karyawan, mulai dari gaji pokok sampai dengan tunjangan yang harus mereka dapatkan dari perusahaan. hal ini bisa dilihat dari peraturan pemerintah yang ada, mulai dari undang-undang sampai dengan peraturan menteri, gubernur sampai walikota. Tidak lupa juga menganalisis pesaing dalam memberikan gaji kepada karyawan mereka. Tentu pada akhirnya, disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang harus memberikan hak minimal karyawan.

6.       Berikan hak mereka
Entrepreneur harus memberikan hak setiap karyawan sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan yang sudah dibuat dan dijelaskan kepada karyawan. jangan sampai telat waktu karena akan mempengeruhi psikologis mereka.

7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan

Entrepreneur berkewajiban untuk melakukan evaluasi atas pemberian hak kepada setiap karyawan karena ini berhubungan dengan aturan yang ada. Ketika masih terjadi kekurangan, maka lakukan perbaikan agar bisa membuat karyawan menjadi happy dengan hak yang mereka terima. Bila sudah baik, tingkatkan. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: