Setiap orang dalam perusahaan harus menjalankan apa yang sudah ditetapkan sebagai sebuah keputusan ataupun budaya perusahaan. Inilah yang akan menjadi tantangan setiap enterpeneur untuk membuat perusahaan menjadi kuat dan langgeng untuk masa yang lama.

Mengingatkan setiap karyawan untuk menjalankannya dengan berbagai cara, pertama jelas dengan cara verbal. Cara ini biasa dilakukan oleh setiap entrepreneur dengan pernyataan yang dibuat oleh setiap entrepreneur dan disampaikan kepada karyawan. Pernyataan ini dibuat dalam konteks tertulis dan dipasang ditempat-tempat strategis.

Hal ini bertujuan untuk membuat setiap orang dalam perusahaan bisa melihat apa yang ingin ditetapkan oleh manajemen atau owner kepada mereka. Sebagai contoh, membaca doa sebelum bekerja, bisa dituliskan dalam bentuk pernyataan dan ditempel di tempat karyawan bekrja.

Bahkan ada satu perusahaan yang membuat di screen computer mereka untuk mengingatkan karyawan agar terus melakukan apa yang disebut dengan istirahat ketika sudah lama mengetik di depan computer. Tidak ada alasan untuk karyawan berlama-lama di depan computer tanpa istirahat.

Ini adalah contoh yang penting bagaimana perusahaan membuat sesuatu itu dengan baik dan menjadikannya sebagai habit yang harus dilakukan secara terus menerus. Bahkan dalam konteks stratejik, cara ini adalah cara yang sangat soft untuk mengingatkan karyawan untuk bisa menjadikan habit.

Cara yang kedua adalah dengan cara lisan. Hal ini menuntut setiap karyawan untuk bisa diingatkan dengan kata-kata yang dikeluarkan dari mulut setiap entrepreneur. jangan sungkan untuk mengingatkan karyawan ketika mereka menghadapi suatu masalah yang terjadi di perusahaan. Mereka tidak menjalankan apa yang sudah ditetapkan sebagai sebuah keputusan.

Ketegasan dan kejelasan seorang entrepreneur terhadap apa yang disampaikan manjdi penting untuk mendapatkan kepastian dari apa yang sudah ditetapkan kepada karyawan. Mereka akan mengikuti apa yang diperintahkan oleh perusahaan.


Oleh karena itu, penting bagi entrepreneur untuk terus mengingatkan setiap karyawan agar menjalankan apa yang sudah ditetapkan sebagai sebuah aturan yang tidak boleh dilanggar sehingga pada akhirnya menjadi habit yang akan membuat perusahaan itu sukses saat ini dan yang akan datang.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: