Menjadi seorang entrepreneur, harus dituntut untuk bisa memahami konsep bisnis secara terintegrasi yang berarti bahwa apa yang mereka lakukan itu harus benar-benar fokus pada pencapaian tujuan bisnis  yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Konsep TP = TR – TC merupakan konsep dasar yang harus dipahami dan bahkan menjadi dasar untuk membuat keputusan bisnis.

  1. Desain bisnis yang kuat
Para entrepreneur harus benar-benar bisa membuat desian bisnis yang kuat sesuai dengan karakter bisnis yang mereka miliki. Desain bisnis akan menentukan bagaimana mereka menjalankan bisnis agar bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

  1. Membuat konsep bisnis berbasis kepada TP = TR – TC
Konsep bisnis tidak bisa lepas dari TP = TR – TC yaitu bagaimana bisnis mampu memberikan kontribusi pada peningkatan profit melalui peningkatan revenue dan penguranan cost dalam bisnis. konsep ini menggambarkan bagaimana entrepreneur harus benar-benar fokus pada pencapaian tujuan bisnisnya.

  1. Mengintegrasikan setiap fungsi manajemen
Setiap bagian dari manajemen harus benar dipahami oleh para entrepreneur, konsep manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia. Semuanya harus benar-benar dikelola dengan baik.

  1. Membuat integrasi dari komponen manajemen
Barulah setelah itu manajemen itu disatukan atau diintegrasikan dengan baik untuk mendapatkan keputusan  yang optimal bagi para entrepreneur dan sukses dalam menjalankan software

  1. Membuat SOP
Entrepreneru harus membuat SOP untuk bisnis mereka. Jangan pernah terlambat membuat SOP karena berhubungan dengan bisnis itu sendiri.

  1. Mengembangkan SOP
Kembangkan SOP dan hubungkan dengan teknologi informasi yang akan digunakan dalam bisnis. SOP yang sempurna akan mempermudah pembuatan bisnis itu sendiri.

  1. Mulai menerapkan sistem manajemen berbasis teknologi informasi

Mulai cari teknologi informasi dan juga manfaatkan IT untuk menjalankan proses bisnis  yang akan digunakan dan dikembangkan dalam bisnis. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: