Sejatinya sebuah keinginan dan cita –cita itu biasanya tumbuh dan terwujud jadi sebuah kenyataan yang pernah terfikirkan dalam benak setiap manusia.  Begitu pula pada saat melihat kesuksesan orang lain yang punya bisnis inni-itu sehingga termotivasi keinginan untuk melakukan hal yang sama, untuk melakukan suatu bisnis atau berwirausaha.  Disanalah kita akan banyak mengenal sebuah prinsip kemandirian, menjadi orang produktif yang selalu menghasilkan profit dan menjadi pribadi yang penuh daya imajinasi, kreatif serta inovatif.  Disanalah kita mulai menjelajahi sebuah profesi sebagai seorang Wirausaha.

Banyak sekali manfaatnya bila kita menjalani sebagai seorang wirausaha, diantaranya kita dapat menambah daya tampung Tenaga Kerja dan sekaligus berperan sebagai generator pembangunan lingkungan,  produksi, distribusi dan kesejahteraan.  Begitu pula akan menjadi contoh bagi anggota masyarakat lain sebagai pribadi wirausaha yang handal, secara normative akan selalu menghormati hukum dan peraturan yang berlaku, berusaha memberi bantuan kepada orang lain.  Dari segi SDM berusaha mendidik karyawan menhadi orang mandiri, memberi contoh sebagai  pekerja keras, pola hidup secara efisien serta kemampuan dalam memelihara keserasian lingkungan.

Selain banyak manfaatnya menjadi wirausaha itupun banyak keuntungannya yang bisa diperoleh, karena sebagai wirausaha kita akan memiliki brend atau label sebagai seorang yang punya plus-plus, diantaraya  (1) terbuka peluang untuk mencapai tujuan, (2) Terbuka peluang mengembangkan kemampuan dan potensi diri, (3) banyak memperoleh manfaat dan keuntungan maksimal,  (4) banyak peluang membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit dan  (5) lebih terbuka kesempatan untuk menjadi Bos.

Lalu sebenarnya siapa itu Wirausahawan yang sebenarnya?  Dia adalah  Seorang inovator, sebagai individu yang memiliki naluri untuk melihat peluang-peluang, mempunyai semangat, kemampuan dan fikiran untuk menaklukan cara berfikir yang lamban dan malas.  Dia juga seorang yang selalu  mempunyai peran untuk mencari kombinasi-kombinasi baru dari pengenalan barang dan jasa baru, metode produksi baru, suber bahan baku, pasar dan organisasi industri baru.

Selain kekuatan, tentu ada kelemahannya atau kekurangan yang kadang orang-orang itu enggan menjadi wirausaha, diantaranya  konon katanya wirausahawan itu  pendapatannya tidak pasti, menanggung berbagai resiko, harus menjadi pekerja keras/jam kerja panjang dan kualitas hidupnya masih rendah sampai usahanya berhasil.  Dan yang lebih penting jadi pengusaha itu tanggung jawabnya sangat besar, banyak keputusan yang harus dibuat.

Tapi kalau kita sudah menjalaninya justru sebaliknyam kita akan memasuki sebuah atmosfir kehidupan yang banyak mulai mengandalkan kemandirian dan berfikir produktif.  Dinikmati saja, dan tentunya dengan satu tekad untuk tidak mudah menyerah melakukannya.  Dan yakin Allah Sang Maha Mengatur akan selalu melindungi dan memberkahi upaya dan kerja keras kita untuk suatu kesuksesan besar di suatu hari nanti.Selamat Menjalani menjadi Wirausaha yang Handal dan Kaya Ide serta selalu produktif.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: