Entrepreneur untuk membangun bisnisnya dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi sebagai backbone bisnis mereka sehingga dapat mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage. Ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam beribnis ditengah tingginya tingkat persaingan dalam bisnis. Inilah yang perlu menjadi perhatian bagi setiap entrepreneur ketika tingkat persaingan sudah semakin tinggi dan menuntut bisnis yang benar-benar bisa memberikan kontribusi optimal bagi bisnis nya.

Bahkan para entrepreneur didorong untuk fokus kepada mendesain bisnis dengan basis teknologi untuk mempercepat dan meng-efisiensikan business process.


1. Mulai dari keuangan

Keuangan dan akuntansi adalah bagian yang paling penting bagi perusahaan untuk menjalankan sebuah program. Hal ini berhubungan dengan bagaimana setiap program akuntansi dan keuangan sudah mengikuti standar yang ditetapkan oleh akuntansi itu sendiri. Mulai dari keuangan danakuntansi akan memudahkan entrperneeur mendesain sebuah sistem perusahaan berbasis IT


2. Buat proses akuntansi

Proses akuntansi itu banyak program yang sudah dikembangkan sehingga entrepreneur akan mudah untuk menirunya. Tinggal sesuaikan dengan karakteristik perusahaan tersebut.


3. Lakukan uji coba

Uji coba adalah bagian penting dalam membuat sistem yang berhubungan dengan IT karena harus terus ada pengembangan sistem untuk membuat kesesuaian dengan bisnis mereka masing-masing.


4. Kembangkan dalam bentuk program

Inilah yang menjadi critical point bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana program yang sudah ada harus dikembangkan dengan yang dibutuhkan perusahaan itu sendiri.


5. Lakukan evaluasi atas setiap program yang dijalankan

Evaluasi harus dilakukan secara berkala agar bisa membuat bisnis berjalan dengan baik. Tentu yang akan dijadikan standar adalah target dari setiap program yang dijalankan yaitu memberikan kontribusi optimal bagi bisnis para entrepreneur.


6. Lakukan perbaikan

Entrepreneru diharapkan melakukan perbaikan program yang dibuat untuk bisa memenuhi syarat bisa menjalankan program dengan baik.


7. Latih setiap orang yang berhubungan dengan aplikasi keuangan

Karyawan perlu diberikan pelatihan untuk bisa membuat mereka mampu menjalankan program dengan baik. Tanpa pengetahuan, keterampilan yang cukup, tidak akan bisa membuat program berjalan secara optimal.


Inilah beberapa tips enterprise resources planning yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: