Siapa yang belum pernah mendengar merk salah satu mobil dengan logo tertentu apa yang kita bayangkan apabila kita mendengar nama tersebut? Mahal, nyaman, tahan lama, berkelas, mewah, dan lain-lain yang bernilai positif serta eksklusif. Lalu bagaimana dengan merk salah satu air mineral yang sering kita minum, kesan segar, higienis, dan sehat yang bisa kita bayangkan. Lalu ada lagi nama seseorang yang mengingatkan tentang karakternya yang berwibawa, mampu menyedot simpati masyarakat.



“Nama” yah satu kata ini merupakan sebuah kata yang sangat berarti dan bahkan diperebutkan oleh semua orang sehingga harus dilindungi oleh hak paten, nama ini yang kadang dalam proses penciptaan produk atau apapun menjadi satu hal yang sangat sulit ditentukan bahkan kadang menjadi proses yang terkesan menjadi salah satu penyebab lamanya sebuah produk di luncurkan. Pasangan suami istri pun terkadang menghabiskan banyak waktunya untuk mencari sebuah nama untuk calon anak yang masih dalam kandungan.



Ada beberapa hal yang dilakukan sebagian besar pengusaha untuk menentukan nama/merk produk tertentu, ada yang melakukan riset-riset tertentu dengan harapan agar nama/merk itu bisa sejalan dengan produk yang ditawarkan, ada pula yang bahkan melibatkan konsumen untuk memberikan nama yang tepat untuk produk tersebut dengan imbalan hadiah yang menggiurkan, hal yang paling sederhana bahkan ada yang mencari sebuah nama/merk melalui aplikasi/software pencari untuk mendapatkan sebuah nama/merk dengan artinya.



Hal demikian terjadi karena kita menyadari bahwa nama atau lebih tepat kita sebut merk juga merupakan interpretasi dari sebuah harapan kita atas suatu produk yang kita miliki, kita ingin merk kita memiliki nilai jual yang tinggi, dapat memperkuat loyalitas konsumen terhadap produk kita, yang pada akhirnya dapat membuat profit yang baik bagi usaha kita. Sedemikian besarnya harapan kita bahkan hingga membuat kita terkadang mengeluarkan biaya yang begitu mahal hanya untuk mencari nama/merk yang tepat untuk produk kita.



Selain itu juga nama merupakan mewakili identitas kita sebagai pemilik, yang lebih penting lagi merk dapat menggambarkan image kita, kita berharap ingatan para konsumen atas produk kita sedemikian kuat bahkan bila perlu mempengaruhi personality atau juga gaya hidup seseorang, selain itu juga dapat meningkatkan value dan kualitas hidup seseorang. 



Melihat beberapa hal tadi maka sudah selayaknya lah kita dapat membuat sebuah produk dengan nama yang sesuai dengan manfaat serta nilai yang dimiliki oleh produk tersebut disertai nilai-nilai yang diinginkan dalam penciptaan produknya. Langlah selanjutnya yang harus dilakukan setelah nama itu diperoleh dan diperkenalkan, maka mulai saat itu konsistensi dan keseriusan kita sebagai entrepreneur dalam menjaga citra yang baik atas nama/merk yang telah kita miliki dimata pelanggan, menjaga kepercayaan pelanggan atas merk kita sehingga kita bisa menjaga bisnis kita sampai akhir jaman
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: