Kemaren saya bertemu dengan saudara saya yang memang seorang pebisnis dan menjadi tempat saya sharing untuk masalah bisnis yang seringkali kami hadapi. Memang kami memiliki perbedaan dari bisnis yang dijalankan, dimana saya lebih ke knowledge, tetapi beliau lebih ke property.

Namun demikian, ada titik dimana kami seringkali bertemu yaitu ketika menjalankan bisnis tersebut haruslah dengan ilmu dan pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen. kebetulan kami memang ada satu persamaan yaitu sebagai dosen.

Pelajaran berharga adalah bagaimana tugas utama seorang entrepreneur mengelola keuangan. Meskipun sering orang berfikir bahwa sebagai seorang entrepreneur dan CEO di bisnis yang dijalankan, untuk masalah uang, tetaplah mereka harus mengendalikan. Ingat, bisnis itu adalah create money dan konsep cash in itu harus lebih besar daripada cash out.

Tool yang harus digunakan oleh para entrepreneur adalah akuntansi dimana disitu ada pencatatan, pengelompokkan, analisis dan pelaporan berupa neraca, laba rugi, perubahan modal, arus kas yang dalam pembuatannya harus mengikuti standar internasional.

jadi, tidak bisa melakukan pencatatan keuangan dalam perusahaan tanpa mengikuti aturan atau standar yang sudah berlaku umum. Inilah yang menjadi bahasan kami semalam dan penting untuk menjadi perhatian setiap entrepreneur. selama ini saya selalu mengatakan bahwa tugas utama seorang entrepreneur adalah membuat keputusan dan keputusan itu adalah keputusan bisnis dimana yang paling penting adalah bagiamana bisa menjadi cash in > cash out.


untuk itu, tugas utama seorang entrepreneur adalah memahami akuntansi dan hasilnya akan dijadikan sebagai dasar untuk membuat keputusan bisnis. Mari belajar lagi akuntansi dan terapkan di perusahaan kita. sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: