Di awal tahun ini, sejatinya setiap entrepreneur harus mulai benar-benar fokus dalam pengelolaan keuangan yang ada di perusahaan mereka masing-masing. ingat, menjalankan bisnis adalah bagaimana entrepreneur mengelola keuangan perusahaan karena bisnis itu sangat fokus dalam upaya pencapaian Profit yaitu total revenue yang dikurangi dengan total cost. Seringkali orang kurang memahami konsep dasar bisnis.

Oleh karena itu, perlu diingat bagaimana entrepreneur kembali ke konsep dasar yaitu bisnis itu adalah mengelola keuangan perusahaan. ada beberapa hal  yang perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur agar bisa mengelola keuangan perusahanaan

1.       Memahami anggaran perusahaan
Tentu yang sudah dibuat oleh setiap entrepreneur adalah anggaran atau budgeting perusahaan selama satu tahun. Seorang entrepreneur perlu memahami dengan baik dengan membuat rinci setiap anggaran terserbut. Apalagi dibagi untuk setiap minggu dan menggambarkan bagaimana anggaran tersebut setiap minggu.

2.       Mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan
Konteks yang perlu dilakukan oleh entrepreneur adalah melakukan pencatatan keuangan dengan baik dan tertib. Pencatatan keuangan ini berbasis kepada standar akuntansi yang berlaku umum di dalam bisnis. Oleh karena itu, entrepreneur harus memahami dengan baik standar akuntansi yang bisa dipahami oleh setiap orang.

3.       Menyimpan bukti transaksi
Setiap transaksi di dalam bisnis harus didukung oleh bukti transaksi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh akuntansi. Ingat, transaksi itu tidak boleh asal-asalan karena akan dilihat oleh stakeholders apakah ada bukti transaksi atau tidak. Ketika entrepreneur tidak bisa menjelaskan bukti transaksi, maka itu dianggap tidak valid.

4.       Mengelompokkan transaksi
Entrepreneur perlu mengelompokkan transaksi sesuai dengan akun-akun yang ada dalam bisnis yaitu asset, liability serta equity. Tentu semuanya sudah mengelompok sesuai dengan yang ditetapkan dalam standar akuntansi.

5.       Membandingkan antara transaksi dengan target yang ada di anggaran
Entrepreneur perlu melakukan perbandingan antara transaksi yang ada dengan anggaran yang sudah dibuat. Perbandingan akan menentukan kualitas pencatatan akuntansi yang dilakukan.

6.       Menganalisis
Entrepreneur harus menganalisis antara pencatatan dengan anggaran yang ada. Hal ini akan menggambarkan apakah pengeluaran sesuai dengan anggaran, lebih besar atau bahkan lebih kecil. Semuanya akan terlihat dari hasil analisis.

7.       Mengambil tindakan untuk control biaya

Yang paling penting adalah bagaimana entrepreneur bisa melakukan cost control atau mengendalikan biaya karena sejatinya bisnis itu TP = TR – TC. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: