Assalamualaikum Pak Meriza

Pa kabar Bapak. Perkenalkan nama saya Farhan yang sudah berbisnis Event Organizer sejak tahun 2011. Alhamdulillah bisnis saya berkembang pak dan kami sudah menangani beberapa proyek di tingkat Kota Bandung. Rasanya, konsumen puas dengan layanan kami pak. Indikatornya, adanya repeat order kepada kami.

Akan tetapi, ada sesuatu yang ingin tanyakan kepada Bapak. Hal ini menyangkut knowledge business yang selalu bapak sharing kan Bapak terus menekankan aspek tersebut. Keberhasilan setiap entrepeneur, sangat ditentukan oleh knowledge tersebut.

Saya berlatar belakang pendidikan pariwisata pak. Rasanya saya kurang memiliki pengetahuan yang bapak sampaikan selama ini. Oleh karena itu, apa pengetahuan yang sebaiknya kuasai dalam menumbuhkembangkan bisnis EO ini

Mohon saran dan jawaban dari Bapak. Atas jawaban Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Wassalam,
Farhan, Soreang


Wassalam Farhan

Selamat ya, sudah memulai bisnis yang bagi sebagian orang, bisnis tersebut sangat sulit karena berhubungan dengan kreativitas yang sangat tinggi dan kejelian dalam menjalankan setiap bagian atau aktivitas yang sangat rigid. Seringkali teman yang saya temui, mengeluh dengan menjadi EO. Padahal, potensi pasarnya sangat besar. Semoga terus sukses ya.

Sehubungan dengan pengetahuan yang perlu dimiliki oleh setiap entrepeneur, maka saya membaginya atas tiga bagian utama. Pertama adalah entrepeneurship. Pengetahuan ini penting karena setiap orang harus memahami filosofi entrepeneurship itu sendiri. dia adalah seseorang yang mampu melihat atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Lalu, ada resiko dalam bisnis tersebut. Inilah yang seringkali kurang dipahami oleh para entrepeneur. Mereka takut resiko. Padahal, resiko tersebut bisa di manage.

Kedua, bisnis. Setiap entrepeneur harus paham apa itu bisnis. Bisnis itu adalah create money, bagaimana menghasilkan profit selain people, planet, sustainability dan tumbuh berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar. Jelas sekali bisnis tersebut punya kegiatan dan tujuan. Orang kadang tidak fokus dengan bisnis sehingga aktivitasnya terkesan bersifat sosial.

Ketiga, manajemen. Bisnis yang sudah dimulai, agar bisa tumbuh dan berkembang, harus dengan manajemen. Bagi saya, diawal mendirikan bisnis, perlu entrepeneurship, tetapi, untuk tumbuh dan berkembang, perlu manajemen. Bisnis itu pake hitung-hitungan.

Ada proses manajemen yang sering digunakan yaitu planning, organizing, actuating dan controlling. Hal ini harus digunakan untuk setiap kegiatan dalam bisnis yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Inilah pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap entrepeneur agar bisa sukses. Oleh karena itu, belajar ya farhan. Sukses selalu buat bisnisnya.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: