Hari ini kita akan membahas tentang pentingnya public relation bagi sebuah perusahaan, banyak dari perusahaan besar pasti memiliki bagian public relation (PR). Biasanya bagian ini berdiri sendiri atau bersatu dengan bagian umum dan operasional, gunanya PR adalah untuk mengelola informasi perusahaan yang akan di berikan kepada masyarakat. Tentunya hal tersebut harus berdampak baik bagi perusahaan, dengan begitu perusahaan akan mendapatkan kepercayaan yang baik dari konsumen.


Lalu apa sih sebenarnya PR itu, menurut The Instittute of Public Relation (IPR) “upaya terencana dan dilakukan terus-menerus untuk mempertahankan itikad baik dan saling pengertian antara sebuah organisasi dan publik”.


Bagai mana konsumen atau publik bisa tetap percaya pada sebauh produk, maka dibutuhkan PR untuk upaya tersebut. Dimana produsen memang beritikad baik untuk terus memberikan yang terbaik bagi konsumen. Karena jangan samapai konsumen tertiupu dengan apa yang diberitakan, bisa jadi konsumen kecewa dengan produk yang mereka beli dan tidak akan membeli produk kita lagi. Yang lebih parah jika hal tersebut menimpa bukan pada produk kita, tapi menimpa terhadap perusahaan kita. Dijamin apapun produk yang kita keluarkan tidak akan ada konsumen yang meliriknnya, dan butuh waktu lama untuk membuat konsumen percaya kembali.


Dari paparan di atas jelas jika kita harus memberikan yang terbaik untuk konsumen, disamping itu kita harus terus memberitakan hal baik tersebut pada konsumen. Dengan begitu pengertian antara konsumen dan produsen akan semakin baik dan tentunya hal itu membuat kita semakin mendapatkan profit.


Lalu apakah penting kita memiliki PR, sebuah individu dan organisasi memang bisa bertahan baik tanpa adanya PR di dalamnya. Tetapi dengan program PR yang terencana mereka bisa mengharapkan hasil yang lebih baik dan reputasi yang semakin meningkat. Supaya PR bisa sukses maka organisasi atau produsen haruslah bisa dipercaya. Yang bisa dilakukan oleh PR adalah meningkatkan citra yang positif dan menekan batas minimal karena sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana.


Lalu apa yang terjadi jika kita tidak menggunakan PR, tidak peduli sebaik apapu produk anda, jika anda tidak bisa berkomunikasi dengan publik anda tidak akan bisa menyampaikan pesan anda pada mereka. Jelas anda akan dilakahkan oleh pesaing anda yang menggunakan PR secara agrtesif yang akan berdampak pada komunikai yang baik dengan konsumen/publik. Tentunya konsumen akan lebih percaya dengan produk buatan pesaing anda, jika anda tidak menyampaikan pada konsumen dengan perencanaan yang baik.


Jadi sahabat SnB, anda sudah putuskan untuk membuat bagian PR dalam usaha anda. Tidak peduli usaha besar atau kecil anda pasti membutuhkan PR dalam setiap strategi anda. Jika kendalanya adalah tidak ada cost untuk membayar orang khusus, maka mulailah diri anda menjadi PR bagi perusahaan anda. Jaga citra perusahaan anda tetap baik dengan memiliki kualitas produk yang baik dan tetap berkomunikasi dengan konsumen agar hal tersebut tetap terjaga dengan baik.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: