Seorang wirausaha dalam membangun bisnis yang dapat mencapai sustainable competitive advantage dituntut untuk bisa meningkatkan core competency mereka dalam business process yang ada di perusahaan tersebut. Hal ini akan menentukan sejauh mana kualitas bisnis yang ada agar bisa mencapai tujuan setelah pencapaian keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Akan tetapi, seringkali ditemui bagaimana kesalahan seorang wirausaha untuk tidak fokus pada business process dengan asumsi bahwa mereka lebih fokus kepada pemasaran yang pastinya berhubungan dengan market yang langsung melakukan pembelian atas produk yang dihasilkan. Tentu hal ini tidak boleh terjadi karena sejatinya seorang wirausaha itu harus bisa menyeimbangkan antara revenue dengan cost yang dikeluarkan oleh perusahaan. oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus dilakukan wirausaha.

1.       Petakan kembali business process
Pemetaan atau mapping atas business process yang ada dalam perusahaan menjadi penting dan rasanya, ini adalah tugas utama seorang wirausaha untuk memperbaiki perusahaan dan business process mereka. Pemetaan mulai dari supplier, input, process, output sampai dengan customer adalah kunci untuk membangun business process.

2.       Pastikan semuanya bagian dalam business process memiliki SOP
Yang tidak kalah penting bagi wirausaha dalam membangun business process yang kuat adalah Standard Operating Procedures (SOP) yang benar-benar harus dimiliki oleh setiap bagian dalam proses bisnis perusahaan. ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dibuat oleh wirausaha. Jangan hanya terjebak kepada rutinitas yang ada dalam perusahaan tersebut.

3.       Semuanya harus dievaluasi
SOP dan bagian dari proses bisnis harus terus dievaluasi secara berkala agar dapat memberikan gambaran sejauh mana wirausaha dapat melakukan perbaikan atas capaian-capaian yang sudah berlangsung. Tidak dapat dipungkiri bahwa wirausaha dituntut untuk bisa memberikan value yang tinggi dalam konteks perbaikan terus menerus.

4.       Cari titik lemah dan kritis dalam business process
Wirausaha perlu mencari titik lemah dan kritis dalam business process dan memberikan perhatian yang lebih kepada titik ini agar tidak mempengaruhi process bisnis yang lainnya. Perhatian ini akan dapat memberikan kontribusi positif kepada proses lainnya.

5.       Lakukan perbaikan atas business process
Inilah kunci sukses dalam bisnis yaitu bagaimana melakukan perbaikan terus menerus untuk bisa membangun proses bisnis yang unggul.

6.       Tetapkan jadi sebuah standar baru
Selanjutnya adalah bagaimana wirausaha bisa menetapkan hasil perbaikan atas proses bisnis tersebut menjadi sebuah standar baru.

7.       Kenalkan kepada karyawan
Kenalkan kepada karyawan tentang standar baru yang harus dijalnakan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Inilah beberapa tips manajemen operasi yang pastinya harus dimiliki dan dilakukan oleh entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: