Bagi setiap entrepreneur, rasanya, menjadikan keuangan sebagai sebuah hal yang mendasar dalam bisnis adalah sebuah tanggung jawab yang tidak bisa dianggap enteng. Bahkan sejatinya, seorang entrepreneur, harus bisa memanfaatkan data dan laporan keuangan sebagai alat yang dapat membuat mereka sebagai seseorang pembuat keputusan dalam bisnis yang sangat mempengaruhi TP = TR – TC yaitu total profit yang dihasilkan dari total revenue dikurangi total cost.

1.       Pahami business process dalam setiap perusahaan
Memahami proses bisnis dalam setiap perusahaan menjadi dasar bagaimana entrepreneur itu bisa memahami apa yang terjadi dalam perusahaan mereka. Tentu masih ingat dengan konsep SIPOC yaitu proses utama dalam perusahaan yaitu supplier, input, process, output sampai dengan customer. Adapun aktivitas pendukung bisa dari keuangan, sumber daya manusia dan pemasaran.

2.       Lihat keterhubungan antara satu proses bisnis dan proses bisnis yang lain
Keterhubungan antar proses bisnis terlihat dari bagaimana keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dalam perusahaan dalam menghasilkan sebuah produk, baik barang ataupun jasa.

3.       Mulai hubungkan dengan keuangan
Setiap aktivitas yang ada dalam perusahaan harus dihubungkan dengan keuangan karena hal ini akan menentukan sebuah  nilai yang dapat diukur oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis.

4.       Buat anggaran perusahaan
Inilah waktunya entrepreneur membuat anggaran perusahaan yaitu bagaimana menerjemahkan setiap aktivitas perusahaan kedalam bentuk keuangan yang nantinya harus menjadi aspek yang dapat dibaca dengan baik untuk membuat sebuah keputusan bisnis.

5.       Analisis anggaran perusahaan
Bandingkan dengan anggaran yang sudah dibuat pada tahun sebelumnya dan bahkan hubungkan dengan target yang sudah ditetapkan oleh manajemen untuk dicapai. Analisis ini akan menghitung tingkat efektivitas dari sebuah anggaran yang terlihat pada rasio keuangan.

6.       Jalankan
Inilah kuncinya bagi setiap entrepreneur yaitu bagaimana menjalankan setiap anggaran yang pastinya harus menjadi dasar bagi entrepreneur dalam membuat keputusan.

7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan.
Evaluasi harus dilakukan secara berkala dan bahkan setiap minggu untuk dapat menjadi dasar perbaikan yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Ini adalah konsep dasar bagi setiap entrepreneur dalam mengelola keuangan.

Inilah beberapa tips Manajemen keuangann yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: