Supplier adalah pihak yang sangat stratejik bagi bisnis para Entrepreneur. Mereka adalah bagian yang sangat penting karena menentukan jalannya perusahaan. Ketika supplier tidak bisa dikelola denngan baik, akan berpengaruh pada bisnis entrepreneur. Oleh karena itu, entrepreneur perlu

1. Memiliki beberapa supplier untuk bisnis mereka.
Hal ini penting untuk menjadi cadangan dalam membeli produk-produk yang di supply oleh supplier.

2. Membuat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh supplier.
Materi yang diberikan oleh supplier harus sesuai dengan syaat-syarat bagian produksi, pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan,

3. Menganalisis supplier yang sesuai dengan karakter bisnis entrepreneur
Hal ini berhubungan dengan morald hazard para supplier agar terjadi kerjasama yang saling menguntungkan dalam jangka panjang.

4. Pilih supplier yang bisa memberikan produk berkualitas,n harga bersaing, memberikan jaminan kepastian prroduk dan bisa menghantarkan produk kepada entrepreneur.
Indikator kualitas barang menjadi nomor satu dan diikuti oleh kepastian keberadaan barang yang selalu ada oleh supplier.

5. Sistem pembayaran yang bisa dibayar dibelakang
Usahakan sistem pemabayaran kepada supplier dalam bentuk pembayaran dibelakang. Artinya, biisa dibayar sebulan setelah transaksi kalau memungknkan agar uang bisa diputar dulu.

6. Membuat Memorandum of Understanding
Hal ini penting untuk membuat kesamaan persepsi dalam kerjasama dengan supplier sehingga masing-masing pihak menyadari hak dan kewajiban mereka. Hal ini dituangkan dalam bentuk tertulis

7. Membangun kesepahaman dan komunikasi yang terus menerus.

Entrepreneur harus membangun komunikasi yang intens dengan para supplier, baik formal maupun informal sehinnga semakin terbangun kesepahaman. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: