Membangun pemasaran yang kuat oleh setiap entrepreneur adalah bagaimana setiap produk yang disampaikan kepada konsumen yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pesaing. Waktunya entrepreneur untuk fokus dalam menyampaikan produk dengan level tertinggi yang diawali dengan barang, kemudian ditingkatkan menjadi jasa dan yang paling tinggi adalah value dengan penekanan kepada trust yang disampaikan kepada konsumen.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam memberikan value kepada konsumen yaitu

1.       Kenali konsumen dengan baik
Tugas utama setiap entrepreneur adalah mengenali konsumen dengan baik karena inilah kunci sukses dari setiap entrepreneur. mengenal konsumen secara individu dan juga bagian dari masyarakat yang memilliki budaya, lingkungan sosial yang mempengaruhi mereka.

2.       Fokus kepada aspek yang dibutuhkan oleh konsumen
Fokus kepada kebutuhan dan keinginan konsumen yang ditambah lagi dengan permintaan yang mereka sampaikan kepada entrepreneur. Hal ini akan menjadi modal awal untuk membuat value atau nilai bagi konsumen.

3.       Kenali nilai yang akan diberikan kepada konsumen
Nilai yang akan diberikan kepada konsumen adalah awal berfikir setiap entrepreneur yaitu bagaimana memberikan nilai yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pesaing. Superior value adalah bentuk produk yang ditawarkan kepada konsumen. Nilai itu merupakan perbandingan antara benefit terhadap cost.

4.       Optimasi benefit yang diberikan kepada konsumen
Mengoptimasi benefit yang diterima oleh konsumen yang terdiri dari produk yang berkualitas, service yang optimal, orang-orang yang ramah dalam melayani serta didukung oleh pengetahun yang tinggi tentang produk dan bisnis serta image yang positif.

5.       Minimalisasi biaya yang harus ditanggung oleh konsumen
Lakukan minimalisasi biaya yang ditanggung oleh konsumen yaitu monetary cost, time cost, energy cost serta psychological cost.

6.       Lakukan perbaikan terus menerus
Entrepreneur harus melakukan perbaikan terus menerus terhadap nilai yang akan diberikan kepada konsumen. Evaluasi dari yang diterima oleh konsumen serta bagaimana pesaing yang memberikan produk yang relative sama kepada konsumen.

7.       Berikan kepercayaan kepada konsumen.
Waktunya entrepreneur memberikan kepercayaan penuh kepada konsumen. Kepercayaan yang mereka berikan juga harus dijaga dengan baik sehingga menjadi asset yang paling berharga bagi setiap entrepreneur dalam memberikan value kepada konsumen. 


Inilah beberapa tips Marketing Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: