“Saya lebih suka produk luar negeri” begitulah seringkali pernyataan yang dikeluarkan dari banyak orang yang berhubungan dengan konsep bisnis dan menjadi konsumen dari produk-produk luar negeri. Mereka lebih menyukai produk-produk yang berasal dari luar negeri dan kurang tertarik dengan produk-produk dari dalam negeri. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang sangat besar bagi setiap entrepreneur ketika pasar bebas ASEAN akan diberlakukan.

Oleh karena itu, sudah menjadi tuntutan bagi setiap entrepeneur untuk fokus pada bagaimana menciptakan produk yang dapat diterima oleh konsumen. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh entrepreneur adalah
1.       Entrepreneur memahami perilaku konsumen masyarakat Indonesia
Pendekatan entrepreneur pada konsumen saat ini harus berdasarkan perilaku mereka dalam menentukan masalah, mencari alternative solusi, mengevaluasi alternative solusi, memutuskan, menjalankan keputusan sampai mengevaluasi keputusan.

2.       Entrepreneur fokus dalam meningkatkan kualitas
Kualitas yang paling penting bagi setiap entrepreneur sehingga mereka dapat memiliki persepsi yang positif terhadap produk itu sendiri. Kualitas itu berhubungan dengan apa yang mereka harapkan dari produk. Harapan menjadi standar bagi konsumen dalam menilai produk berkualitas atau tidak.

3.       Entrepreneur merubah persepsi konsumen 
Persepsi adalah dasar bagi setiap entrepreneur dalam membuat keputusan untuk membeli atau tidak membeli produk dalam negeri. Semuanya harus dapat dirubah melalui pengatahuan dan pengalaman yang harus diberikan kepada konsumen. Mereka membutuhkan pengetahuan tentang keunggulan produk dan juga pengalaman dalam menggunakan produk.

4.       Entrepreneur memanfaatkan teknologi informasi
Teknologi informasi harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur agar bisa memberikan value kepada konsumen sehingga persepsi mereka menjadi benar tentang produk dalam negeri. Teknologi informasi yang dapat digunakan adalah yang berbasis internet seperti sosial media yang dapat diakses oleh banyak orang. Lihat saja instagram, facebook, twitter dan lain-lain yang dapat digunakan oleh entrepreneur dalam membangun persepsi positif dalam diri entrepreneur.

5.       Entrepreneur berkomunikasi dengan konsumen

Komunikasi uang intens dan terus menerus harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam membentuk persepsi yang positif tentang produk dalam negeri. Komunikasi ini berhbungan dengan bagaimana keunggulan produk dan bagaimana harapan mereka kepada entrepeneur dalam berbisnis.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: