Pak Meriza, bagaimana caranya saya bisa memilih bisnis yang tepat dengan diri saya dan bisa tumbuh dan berkembang seperti yang selama ini Bapak sampaikan di forum ini. jelas saya memiliki keterbatasan dana kalau memulainya dalam jumlah besar. Mohon saran Bapak karena saya juga sudah beberapa kali gagal dalam bisnis.
Wassalam 
Deden, Bandung


Waalaikumsalam wr. Wb. 
Kang Deden, terima kasih atas pertanyaannya yang pastinya juga dirasakan oleh banyak sahabat Belbiz dmana orang belum bisa menemukan pilihan bisnis yang sesuai dengan diri mereka masing-masing yang menuntut adanya percepatan dalam bisnis. ini memang harus diputuskan secepat mungkin bagi yang ingin menjadi seorang entrepreneur. konsep yang saya bangun adalah bagaimana seorang entrepreneur itu memiliki percepatan dalam bisnisnya setelah pilihan tersebut diputuskan. 

Dua hal yang harus dilakukan adalah menganalisis lingkungan internal dan eksternal setiap orang. Dalam konteks ini, Kang Deden harus menganalisis diri dulu dari aspek bakat, pengetahuan, skill, attitude serta morale yang relevan dengan bisnis. hal ini penting untuk mengetahui bisnis yang sesuai dengan masing-masing diri calon entrepreneur, termasuk kang Deden. Hal ini bisa dimulai dengan merenung dan juga bisa konsultasi dengan seorang coach dan mentor. 

Lalu, melihat peluang di pasar dimana bisnis ini akan dijalankan. Pasar yang berisikan konsumen, pesaing, distributor bahkan supplier harus dianalisis untuk mendapatkan posisi kang Deden di pasar. inilah yang akan menjadi dasar untuk memutuskan bisnis. ketika ini sudah dilakukan, maka akan kelihatan pilihan bisnis yang dapat dipilih sehingga didapatkan bisnis yang sesuai dengan talent, knowledges, skill, attitude, morale dan pasar yang ada. 

Insya Allah, dengan modal analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal akan ditemui bisnis yang sesuai dengan diri akang dan dapat dicapai percepatan dengan memanfaatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam berbisnis. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: