Menjadi entrepreneur itu harus fokus kepada bagaimana membuat sebuah produk yang bisa diterima oleh pasar dan pastinya akan dapat berkontribusi pada bisnis jangka panjang. Artinya, produk tersebut tidak hanya sampai dibeli oleh konsumen saja, akan tetapi, bisa membuat mereka puas dan loyal kepada perusahaan. hal ini bahkan tidak bisa tergantikan oleh entrepreneur dalam berbisnis. Dengan konsumen  yang loyal, semuanya bisa mencapai sustainable competitive advantage.

1.       Menggali need, want dan demand pasar
Entrepreneur harus bisa menggali dan mengenali kebutuhan, keingingan dan permintaan dari konsumen terhadap sebuah produk. Inilah dasar bagi entrepreneur dalam membuat produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Lakukan melalui riset sehingga didapatkan informasi yang valid.

2.       Menggali keunggulan produk
Hal penting bagi entrepreneur dalam berbisnis saat ini ditengah tingginya tingkat persaingan adalah bagaimana menggali keunggulan produk dan membuat produk yang unggul dibandingkan dengan pesaing. Hal ini penting untuk dipahami karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur bisa lebih baik dalam penawaran kepada konsumen.

3.       Mengembangkan jasa
Entrepreneur harus “membungkus produk berupa barang dengan jasa yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Hal ini menjadi relevan ketika persaingan bisnis semakin tinggi dan pesaing semakin mudah melakukan aktivitas tiru dan modifikasi. Servis menjadi sumber keunggulan dan pembeda denga produk orang lain.

4.       Memberikan value
Entrepeneru harus bisa memberikan superior value kepada konsumen karena berhubungan dengan bagaimana mereka bisa memberikan benefit yang seoptimal mungkin dan cost yang seminimal mungkin.

5.       Komitmen untuk menjaga trust
Hal yang paling penting bagi entrepreneur dalam menjaga produk mereka di konsumen adalah bagaimana memiliki komitmen untuk menjaga trust. Terlepas dari perubahan lingkungan bisnis, entrepreneur harus fokus pada menjaga trust.

6.       Komunikasikan kepada konsumen
Komitmen untuk menjaga trust harus terus dikomunikasikan kepada konsumen sehingga mereka mengetahui sejauh mana entrepreneur itu bisa fokus kepada trust yang pastinya sudah menjadi produk bagi entrepeneur.

7.       Evaluasi dan lakukan perbaikan.
Kepercayaan yang sudah dimiliki oleh konsumen kepada entrepreneur dan produknya harus benar-benar dievaluasi secara berkala dan dilakukan perbaikan untuk hal-hal yang belum tercapai sesuai dengan harapan.


Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: