Salah satu tugas seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka adalah bagaimana profit perusahan dapat dicapai sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh manajemen atau entrepreneur itu sendiri. tentu target tersebut harus jelas dan terukur, realistis serta memiliki dimensi waktu yang jelas yang ditentukan oleh para entrepreneur itu sendiri.

Kemaren, saya bertemu dengan seorang entrepreneur yang berbisis kuliner dan bercerita banyak tentang bisnis yang beliau jalankan. Perjalanan bisnis yang tidak sebentar karena memang berproses dari bisnis yang mikro, kecil, menengah dan besar secara bertahap.

Pertemuan ini sangat memberikan pelajaran karena inilah tugas seorang entrepreneur bagaimana membuat profit tersebut bisa dicapai dengan baik. sesuai dengan target yang sudah direncanakan dan value yang ingin dicapai oleh para entrepreneur tersebut.

untuk mencapai target profit tersebut, salah satu komponen yang harus dijaga adalah total revenue atau TR. Ini berasal dari konsep Price x Quantity (PxQ) yang dilakukan oleh para entrepreneur dan perusahaannya. Seringkali orang salah dalam memperhatikan hal ini.

Revenue control berasal dari bagaimana target yang sudah ditetapkan harus bisa dicapai. Revenue control tersebut penting agar setiap hari diketahui capaian-capaian dari penjualan produk berupa barang atau jasa. Lihatlah target yang sudah ditetapkan oleh manajemen.

Oleh karena itu, bisa dibuat target yang dipecah perhari, perorang yang bertugas di bagian marketing, sehingga setiap orang dapat dikontrol dari aspek target penjualan mereka. belajar dari entrepreneur kemaren, hal ini menjadiperhatian beliau karena beliau juga harus bertanggung jawab terhadap cost yang keluar setiap bulannya.


hal ini mengingatkan setiap entrepreneur terhadap konsep cash in > cash out. Hal ini tidak boleh lepas dari perhatian dan kontrol dari setiap entrepreneur. selamat pagi dan sukses buat kita semua.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: