Bicara tentang human capital, tentu menjadi sebuah pekerjaan rumah yang harus dipahami dan dijalankan secara optimal oleh setiap entrepreneur dalam konteks bagaimana membangun bisnis yang bisa mencapai sustainable competitive advatange atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan agar bisa tetap mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar ditengah persaingan yang tinggi.

Tentu dari human capital tersebut, kontribusi yang diharapkan perusahaan adalah bagaimana bisa memiliki karyawan dengan produktivitas yang optimal. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus dilakukan

  1. Memetakan potensi dan passion setiap karyawan
Konteks human capital harus menjadi fondasi entrepreneur dalam mengembangkan sumber daya perusahaan dimana ada ide, pemikiran, tanggungjawab, komitmen dari setiap karyawan yang harus jadi asset perusahaan. itu akankeluar bila pekerjaan mereka sesuai dengan talent atau bakat dalam konteks potensi diri dan passion mereka. Maka, petakan dulu potensi diri dan passion mereka.

  1. Membangun struktur organisasi sesuai dengan core competency perusahaan
Membuat struktur organisasi yang sesuai dengan core competency perusahaan menjadi kunci setiap entrepreneur dalam mencapai sustainable competitive advantage. Trend saat ini adalah struktur organisasi yang flat.

  1. Menjelaskan job description, target dan job specification
Karyawan membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang job description, target dan job specification dan dihubungkan dengan manfaat yang mereka dapatkan dalam bekerja.

  1. Memberikan coaching dan mentoring
Inilah peran yang sangat dibutuhkan oleh setiap karyawan yaitu bagaimana mereka memiliki seorang coach, mentor dan counselor dari entrepreneur.

  1. Terus meningkatkan kompetensi mereka
Pekerjaan rumah yang tidak akan pernah habisnya adalah bagaimana entrepreneur bisa meningkatkan kompetensi berupa knowledge, skill dan attitude mereka sehingga dapat bekerja dengan optimal.
  1. Melakukan evaluasi secara objektif
Lakukan evaluasi dan control atas hasil mereka dalam bekerja dengan tool yang tepat dan target yang jelas serta objektiv. Hal ini akan membantu mengetahui produktivitas karyawan.

  1. Lakukan perbaikan.
Lakukan perbaikan secara terus menerus terhadap pengelolaan sumber daya manusia dalam bekerja untuk mencapai produktivitas yang optimal

Inilah beberapa tips human capital yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: