Ada satu hal yang sangat menarik untuk dipertajam ketika bicara tentang bagaimana menjadi seorang entrepreneur sukses di tengah tingginya persaingan dan cepatnya perubahan lingkungan bisnis, khususnya lingkungan teknologi informasi. Setiap entrepreneur benar-benar dituntut untuk bisa memahami dan memanfaatkan teknologi informasi untuk sukses.

1.       Mindset positif terhadap teknologi informasi
Sikap mental para entrepreneur untuk memanfaatkan teknologi informasi adalah awal yang sangat penting untuk dimiliki setiap entrepreneur dalam mempelajari teknologi informasi dan memanfaatkannya untuk bisnis saat ini dan yang akan datang. Oleh karena itu, harus dimiliki oleh setiap entrepreneur.

2.       Mengikuti perkembangan teknologi
Entrepreneur harus bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi yang relevan dengan bisnis bisnis para entrepreneur. teknologi informasi itu akan terus berkembang dengan cepat.  

3.       Mempelajari perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi
Perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi adalah hal yang sangat penting untuk menjadi contoh yang dapat dimanfaatkan oleh entrepreneur. contoh ini akan mempercepat bagaimana entrepreneur bisa belajar.

4.       Mempelajari proses bisinis perusahaan sendiri
Sebuah aplikasi dalam perusahahaan itu berdasarkan kepada proses bisnis yang ada sehingga sudah waktunya entrepreneur mendalami setiap proses bisnis mereka masing-masing. mulai dari keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia sampai dengan teknologi informasi itu sendiri. Semuanya harus terintegrasi.

5.       Mencari aplikasi yang sesuai dengan perusahaan
Cari aplikasi atau software yang sesuai dengan dengan proses bisnis. banyak sekali software yang ada dan ini harus menjadi perhatian para entrepreneur dalam bisnis. .

6.       Mulai memanfaatkan aplikasi yang sederhana
Banyak sekali aplikasi yang tersedia dan sudah saatnya entrepreneur untuk fokus dalam memanfaatkan aplikasi tersebut. Tidak perlu berfikir uang  yang banyak karena ada fasilitas uji coba dan ini akan memberikan manfaat bagi entrepreneur.

7.       Mengevaluasi dan melakukan perbaikan

Entrepreneur perlu melakukan evaluasi atas aplikasi yang digunakan dalam perusahaan karena berhubungan dengan manfaat yang didapatkan oleh perusahaan selama memanfaatkannya. Evaluasi ini akan memperlihatkan sejauh mana efektifitas dan efisien aplikasi kepada perusahaan. jangan sampai membuat kerugian. Selanjutnya, lakukan perbaikan secara berkala untuk aplikasi. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: