Sebagai seorang entrepreneur, turunan untuk mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan adalah bagaimana merka benar-benar menerapkan manajemen stratejik. Fungsi-fungsi manajemen juga harus bisa menerapkan manajemen stratejik sehingga semuanya beririsan satu sama lain. Beberapa tips adalah  

1.       Strategic management
Yang pertama adalah bagaimana entrepreneur menerapkan manajemen stratejik dalam bisnis dimana mereka harus membuat rencana jangka panjang dengan basis memahami lingkungan internal dan lingkungan eksternal untuk tetap mencapai tujuan jangka panjang.

2.       Strategic Financial management
Entrepreneur harus menerapkan manajemen manajemen stratejik untuk keuangan. Dalam hal ini, mereka harus melakukan strategi turunan dari manajemen stratejik, mulai dari mendapatkan uang, mengelola uang sampai dengan membagikan deviden untuk jangka panjang.

3.       Strategic marketing management
Entrepreneur juga harus berfikir stratejik untuk pemasaran dimana mereka harus benar-benar melihat pasar untuk jangka panjang serta membuat keputusan yang menguntungkan perusahaan untuk jangka panjang.

4.       Strategic operation management
Proses bisnis yang ada dalam perusahaan setiap entrepreneur harus benar-benar dimaknai dalam jangka panjang karena ada lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi proses bisnis mulai dari supplier, input, process, output sampai dengan customer.

5.       Strategic human resources management
Pengelolaan sumber daya manusia sebagai asset atau human capital adalah kunci  untuk memahami bagaimana mereka harus dikelola dengan basis pengetahuan, keterampilan, sikap, pengalaman sampai kepada komitmen yang ada di setiap karyawan. semuanya harus dilihat dalam jangka panjang.


6.       Evaluasi
Salah satu faktor utama yang harus dilakukan oleh entrepreneur dalam berfikir strategic management adalah melakukan evaluasi atas kinerja dan capaian dari setiap aktivitas di atas. Evaluasi ini membandingkan antara target dengan capaian dari setiap aktivitas keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia.

7.       Lakukan perbaikan
Entrepreneur harus benar-benar melakukan perbaikan terus menerus kepada proses manajemen stratejik yang dilakukan oleh perusahaan. inilah yang paling penting karena selam proses manajemen stratejik tersebut, akan dirasakan bagaimana waktu yang tidak sebentar untuk mencapai tujuan jangka panjang ditengah perubahan lingkungan bisnis secara terus menerus, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.


Inilah beberapa tips Manajemen Stratejik yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: