Pelajaran yang didapatkan dari kegiatan sharing dengan bawahan pada hari sabtu, 1 Maret kemaren adalah mereka membutuhkan waktu komunikasi dengan atasan tentang pekerjaan dan juga tentang diri mereka sendiri. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap entrepreneur yang menjalankan peran sebagai manajer untuk mencapai tujuan bisnis yang mereka tetapkan pada awal dan perjalanan bisnis.


Sharing pengetahuan bertujuan untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude mereka terhadap apa yang dikerjakan dalam perusahaan dan ini penting karena menyangkut target yang harus dicapai oleh perusahaan dan mereka berkontribusi terhadap pencapaiannya. Banyak kegiatan karyawan yang merupakan bagian dari kegiatan utama dalam setiap bisnis itu sendiri. 


Karyawan yang bekerja dalam bidang pemasaran tentu ditargetkan untuk mencapai penjualan sehingga mencapai target reveneu yang memang sudah ditetapkan pada awal perusahaan berjalan. Tidak bisa dipungkiri bahwa program untuk pemasaran diperlukan untuk mencapai target tersebut. Pertanyaannya, sejauhmana tim pemasaran memahami tugas mereka untuk mencapai target tersebut. Demikain juga pemahaman mereka terhadap produk yang dijual sehingga jelas apa yang harus dijual dan ditawarkan kepada konsumen perusahaan. 


Bagaimana dengan tim yang bertugas di bidang keuangan yang memang bertanggung jawab terhadap pencarian dana, mengelola dana dan juga membagikan devidien yang sudah ditargetkan di awal usaha karena berhubungan dengan share yang sudah dijanjikan kepada investor. Tentu mereka membutuhkan pengetahuan tentang keuangan perusahaan, sumber pendanaan, pengelolaan dana dan bagaimana mencapai target untuk laba yang harus dibagikan kepada setiap investor. 


Itu adalah beberapa contoh karyawan yang bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dan harus dicapai juga oleh setiap karyawan. belum lagi bidang yang berhubungan dengan internal business process yang ada dalam perusahaan serta pengelolaan sumber daya manusia yang memang menjadi capital atau asset bagi perusahaan setiap entrepreneur. 


Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus terlebih dahulu menguasai operasional perusahaan yaitu keuangan, pemasaran, internal business process serta learning and growth atau sumber daya manusia yang sudah wajib dikuasai terlebih dahulu oleh para entrepeneur. 


Sharing yang dimaksud disini adalah sharing yang berhubungan dengan aspek-aspek yang terlibat dalam perusahaan itu sendiri. sharing yang sangat dibutuhkan oleh para karyawan karena memang pasti ada gap atau kesenjangan antara yang dimiliki oleh para karyawan dengan yang seharusnya disampaikan oleh para entrepeneur sebagai orang yang terlebih dahulu mengetahui hal ini. 


Sharing yang dilakukan harus bisa, pertama menjelaskan apa yang harus diketahui, dikuasai dan sikap yang perlu di setiap aspek tersebut. penting bagi setiap entrepreneur untuk menjelaskannya. Kedua, perlu melakukan komunikasi yang terbuka sehingga setiap karyawan memahami apa yang sudah mereka terima dan juga sampaikan feedback kepada entrepreneur itu sendiri. ketiga, lakukan secara rutin sehingga jelas dapat dilihat perkembangannya agar setiap karyawan dapat mengukur perkembangan informasi yang mereka dapatkan dari para entrepreneur. 


Jadi, marilah tingkatkan sharing kepada para karyawan dan bawahan agar bisa mencapai optimasi atas setiap pekerjaan yang dikerjakan untuk menjadi juara dalam bidang bisnis.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: