Dalam beberapa kesempatan, saya melihat bagaimana entrepreneur seringkali menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan kepada para masyarakat yang berada disekitar tempat mereka berada. Hal ini sudah sesuai dengan konsep CSR itu sendiri karena memang diarahkan untuk masyarakat seputar bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur.


Apa dampaknya terhadap bisnis para entrepreneur? Tentu yang terasa adalah bagaimana program tersebut tidak memberikan value added yang signifikan bagi entrepreneur itu sendiri sehingga lebih berdampak kepada bagaimana program tersebut hanya menjadi biaya atau cost. Sangat disayangkan bila entrepreneur sudah mengganggarkan dana yang tidak sedikit serta mengeluarkan energi, fikiran dan waktu dalam program ini.


Kenapa hal ini bisa terjadi? Berdasarkan pengamatan yang dilakukan kepada program-program CSR yang dijalankan oleh entrepreneur, terlihat bahwa mereka memang tidak bisa membuat program yang bisa memberikan value itu sendiri kepada mereka. Ketidaktahuan entrepreneur ini berhubungan dengan belum dalamnya entrepreneur mempelajari setiap aspek yang berhubungan dengan CSR ini.


Oleh karena itu, perlu rasanya entrepreneur mendalami konsep CSR ini karena relevan dengan bisnis yang mereka jalankan. Konsep CSR ini sangat penting dan akan bersifat stratejik bila bisa memanfaatkan setiap program CSR bagi pengembangan bisnis mereka, baik secaran tangible maupun intangible bagi para entreprenuer.


Pendalaman konsep CSR ini bisa melalui pelatihan-pelatihan yang relevan dengan CSR ini. Banyak pelatihan yang diberikan oleh para ahli sehingga dapat memudahkan entrepreneur meningkatkan knowledge, skill dan attitude mereka. Pelatihan juga akan membantu entrepreneur dalam mendesain setiap program CSR yang dipilih dan relevan dengan bisnis para entrepreneur saat ini dan yang akan datang.


Pelatihan-pelatihan ini akan sangat bermanfaat bila bisa dikonteks kan ke dalam bisnis masing-masing entrepreneur, sehingga sepulang dari pelatihan akan bisa dianalisis secara lebih mendalam dan juga langsung diaplikasikan secara efektif dan efisien. Inilah yang dapat dikembangkan oleh para entrepreneur dalam berbisnis tersebut. Belajar CSR dengan langsung mengaplikasikan ilmunya dalam bisnis secara langsung.


Biasanya, instruktur bisa juga memberikan coaching dan pembinaan kepada para entrepreneur agar bisa mengawasi setiap program yang dijalankan dan juga mendampingi mereka dalam berbisnis. Penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan program CSR agar bisa meningkatkan value bagi entrepreneur itu sendiri. bimbingan itu sangat penting agar bisa membuat sustainability program CSR tersebut.


Langkah lainnya adalah dengan bergabung dengan komunitas yang menjalankan program CSR. Komunitas ini sangat penting karena dapat menjadi pihak yang dapat meningkatkan semangat entrepreneur agar terus konsisten menjalankan program CSR. Para anggota komunitas itu memiliki need, want dan demand yang sama terhadap program CSR dan itu terlihat bagaimana mereka mencoba membuat program semenarik mungkin sehingga dapat memberikan value bagi perusahaan mereka masing-masing.


Inilah awal yang baik bagi entrepreneur ketika mereka bisa berbagi informasi dan program untuk pengembangan program CSR. Pelajaran dari teman-teman akan membuat program CSR akan semakin lebih bagik dan pasti akan memberikan value yang optimal bagi setiap entrepreneur dalam berbisnis.


Oleh karena itu, rasanya, perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur saat ini ketika mereka akan membuat program CSR bagi perusahaan. Sudah waktunya membuat desain program CSR yang optimal memberikan value added agar tidak seperti biasanya, dimana entrepreneur tidak mendapatkan value dari apa yang mereka buat tersebu
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: