Assalamualaikum wr. Wb.
Perkenalkan kang, nama saya Gun Gun dan berasal dari Pangandaran. Ada satu konsep yang saya sering dengan tentang bagiamana membuat bisnis itu bisa lari cepat dan memberikan value yang optimal bagi diri, keluarga, orang lain serta lingkungan alam. Saya sudah memulai usaha kuliner dengan menu bebek di Pangandaran. Rasanya belum optimal, kang, jadinya saya belum terlalu puas.

Saya mohon saran dari akang untuk peningkatan bisnis yang saya jalankan ini karena saya berharap bisnis ini dapat memberikan manfaat yang optimal seperti yang saya sampaikan di atas. Atas saran dan jawaban akang, saya ucapkan terima kasih.
Wassalam
Gun Gun
Pangandaran

Waalaikum salam Gun Gun
Senang sekali Gun Gun berkesempatan membaca tulisan yang ada di Koran Bisnis bandung ini. Memang bahasan di rubrik ini sangat relevan dengan bisnis para entrepeneur yang sedang menumbuhkembangkan bisnis untuk mencapai sukses dengan lima indikator yang selalu ditekankan yaitu bisnis yang profitable (profit), memberikan manfaat bagi banyak orang (people), menjaga kelestarian alam (planet), berkelanjutan (sustainable) serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Untuk itu, perlu entrepreneur memperhatikan dua hal yaitu speed dan leverage dari bisnis itu sendiri. Bicara tentang speed, relevan dengan sumber daya waktu yang begitu cepat berubah dan entrepreneur harus bisa memanfaatkanya dengan sebaik mungkin. Competitiveness dari usahanya Gun Gun akan dapat tercapai dengan konsep speed ini dimana setiap aktivitas bisnis bisa memiliki SOP dan membuat dimensi waktu sebagai salah satu ukuran yang harus dipenuhi.

Kedua adalah leverage atau daya ungkit dimana bisnis yang dibangun tersebut bisa dikembangkan dengan membuka cabang atau menambah waktu buka. Hal ini penting untuk mendapatkan quantity yang semakin banyak dari para konsumen. Seringkali orang terjebak dengan membuka bisnis yang lebih banyak variannya, sementara leverage nya belum dicapai. Akibatnya adalah pencapaian bisnis tersebut belum optimal.


Bagi para entrepeneur, speed dan leverage ini penting untuk tetap mencapai keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan bisnis saat ini dan menuntut mereka untuk bisa bertahan dan bahkan berkembang untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri. oleh karena itu, Gun Gun perlu memperhatikan dan menjalankan kedua konsep ini dengan baik. sukses buat Gun Gun dengan bisnis nya. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: