Assalamualaikum wr. Wb.


Ada satu hal yang mengganjal dalam diri ketika membahas strategi bisnis banyak digunakan oleh perusahaan menengah dan besar dimana skala bisnisnya tidak kecil lagi. Kemudian, melakukan proses bisnis itupun membutuhkan waktu, tenaga dan fikiran yang tidak sedikit. Belum lagi dana yang seringkali digunakan untuk membayar konsultan.


Oleh karena itu, saya menjadi berfikir apakah sudah seharusnya menjalankan strategi bisnis untuk bisnis yang masih berskala mikro ini? kalau iya, apa yang harus saya lakukan agar tidak terjebak dalam kebutuhan membuat strategi bisnis tersebut, khususnya yang berhubungan dengan waktu, pikiran, tenaga dan dana.


Saya menyadari bahwa  waktu saya masih sangat terbatas untuk berfikir strategis, pikiran juga karena harus memikirkan seluruh aktivitas bisnis. Hal ini disebabkan oleh bagaimana bisnis tersebut masih dijalankan sendiri dan hanya  dibantu oleh beberapa orang karyawan dalam menjalankan bagian operasional perusahaan seperti membuka toko, membersihkan toko, melayani pelanggan dan menghantarkan produk kepada konsumen.


Oleh karena itu, saya mohon pendapat dari kang Meriza atas kondisi yang saya hadapi saat ini agar bisnis yang sudah saya jalankan ini terus bisa memberikan value yang optimal bagi saya dan keluarga serta masyarakat





Wassalam ,


Budiman Susanto, Cimahi





Waalaikum salam


Bicara tentang strategi bisnis bagi para entrepreneur, saya menemukan fakta bahwa memang harus memiliki strategi bisnis dalam menjalakankan bisnis tersebut. strategi bisnsi tidak harus dijalankan oleh perusahaan menengah besar saja, akan tetapi diperlukan juga oleh perusahaan dalam skala mikro dan kecil dalam keseharian mereka untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkemang dari skala mikro ke kecil, kecil ke menengah, menengah ke besar.


Kenapa demikian? Karena setiap bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis, baik lingkungan bisnis internal maupun eksternal yang selalu mengalami perubahan, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi. Oleh karena itu, jelas, akang harus menerapkan strategi dalam bisnis karena harus berfikir bagaimana menggabungkan kekuatan dengan peluang dalam bisnis tersebut.


Berfikir strategis harus dimulai dari menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal bisnis sehingga diketahui posisi bisnis akang terhadap pesaing. Inilah yang akan menentukan strategi bisnis, apakah ekspansi, stability, penciutan ataupun kombinasi. Barulah setelah itu ditetapkan program untuk keuangan, pemasaran, operasi atau business process serta sumber daya manusia. Setelah itu, ditetapkan anggaran dan juga prosedur dalam setiap proses bisnis mereka. Inilah yang akan digunakan sebagai dasar untuk evaluasi dan mengontrol aktivitas bisnis mereka.


Oleh karena itu, Kang Budiman memang harus berfikir dan bertindak sesuai dengan strategi bisnis agar bisa membuat bisnis mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage. Pada akhirnya, kinerja perusahaan dalam konteks keuangan, pemasaran, proses bisnis serta sumber daya manusia bisa dicapai. Ingat, lingkungan bisnis itu selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi dan akang dituntut untuk bisa memilih strategi dalam menjalankan bisnis tersebut agar tidak kalah dalam berbisnis terhadap pesaing. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: