Asslamualaikum wr. Wb.


Kang Meriza, perkenalkan nama saya Tedi dan saat ini saya berbisnis foto copy yang saya jalankan di dekat kampus Universitas Padjadjaran Bandung. Saya menghadapi permasalahan yang berhubungan dengan bisnis yang banyak menghadapi persaingan dari tempat fotocopy lainnya. Padahal, awalnya pemain di bisnis ini masih sedikit dan dilakukan oleh beberapa orang saja.


Namun demikian, seiring dengan semakin tingginya pertumbuhan mahasiswa di Bandung dan Unpad pada khususnya, membuat para entrepreneur lainnya masuk ke bisnis foto copy dan modalnya juga di supply oleh beberapa entrepreneur yang memiliki modal. Pemiliknya hanya terdiri dari beberapa orang dan bisa membuka beberapa cabang yang sekaligus membuat tambah tingginya tingkat persaingan.


Tentu bagi saya yang sudah berbisnis ini menjadi tantangan karena membuat persaingan di fotocopy semakin tinggi. Mereka menawarkan produk yang sama dan menyasar pasar yang sama yaitu mahasiswa. Permintaan semakin tinggi, tetapi pesaing juga semakin banyak yang menawarkan produk yang sama.


Apa yang seharusnya saya lakukan ketika menghadapi persaingan ini? padahal saya termasuk pemain yang awal dalam bisnis ini sehingga memiliki pengetahuan dan pengalaman yang jauh lebih lama dibandingkan dengan para pemiliki fotocopy lainnya. Mereka masih baru dan juga belum berpengalaman.


Oleh karena itu, saya mohon saran akang untuk membuat bisnis saya ini bisa lebih baik dan tetap bisa lebih unggul dibandingkan dengan foto copy lainnya.


Wassalam


Tedi, Bandung





Waalaikum salam


Pa kabar Kang Tedi? Semoga akan bisnis akan semakin terus maju dan menjadi bisnis yang memiliki competitive advantage dimana lebih unggul dibandingkan dengan para pemain ini yang lainnya. Karena itulah yang bisa membuat bisnis para entrepreneur bisa bertahan dan semakin besar karena itulah yang menjadi tujuan mereka dalam berbisnis yaitu bisnis yang tumbuh dan berkembang.


Menghadapi masalah dalam bisnis akang, hal ini selalu terjadi dalam bisnis apapun dimana setlah menjalankan bisnis, mereka juga akan menghadapi tantangan dimana para pemain atau pelaku bisnis lainnya akan mengikuti bisnis tersebut dan menawarkan produk yang sama kepada target market yang sama.


Kalau dilihat dari cerita akan, sebenarnya akang memiliki dua hal yang lebih penting dan bis amenjadi sumber keunggulan dibandingkan dengan pemain lainnya yaitu pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis fotocopy. Pengetahuan berhubungan dengan sejauh mana akan megnetahuai konsep bisnis dan manajemen yang diperlukan oleh setiap entrepreneur dalam mencapai kesuksesan bisnis fotocopy tersebut.


Adapun yang berhubungan dengan pengalaman ini relevan dengan skill atau keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalakan bisnis. Keterampilan ini juga relevan dengan kemampuan mereka menjalankan bisnis secara efektif dan efisien sehingga akan bisa menjadi dasar untuk bersaing dengan fotocopy lainnya. Keunggulan tersebut berasal dari pengetahuan dan pengetahuan dalam bisnis.


Disinilah peran dari knowledge management harus diperhatikan oleh para entrepreneur. setiap pengetahuan yang dalam bisnis fotocopy harus dikelola atau dimanage untuk bisa digunakan untuk berbisnis fotocopy ini. Kerangka knowledge management itu adalah create, structure, share dan apply dimana semuanya itu didapat dari pengalaman bisnis selama ini dan akan menjadi proses bisnis yang sangat unggul bagi akang untuk bisnis fotocopy ini. sukses terus ya kang.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: