Bisnis itu tidak akan bisa dilepaskan dari ilmu dasar yang menjadi alat ukur dalam menjalankan bisnis yang pastinya bukan lagi pada konteks pemasaran semata, akan tetapi, sudah mulai concern dan menjadikan keuangan itu sebagai basis setiap keputusan. Akan semakin terasa bagaimana keuangan itu adalah hal-hal mendasar bagi setiap entrepeneur.

Oleh karena itu, setiap entrepreneur memang diharapkan bisa memahami dengan baik keuangan bisnis yang harus mereka jalankan di masing-masing bisnis sehingga dapat membuat pencapaian tujuan bisnis yaitu Profit dalam konteks TP = TR – TC, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

  1. Pahami bisnis anda dengan baik
Ingat, entrepreneur harus benar-benar memahami bisnis mereka dengan baik karena itu akan menentukan bagaimana keuangan perusahaan. keuangan bisnis jasa dan manufaktur serta perdagangan itu berbeda.

  1. Pahami proses bisnis .
Hal yang penting adalah bagaimana entrepreneur memahami proses bisnis yang ada di perusahaan tersebut mulai dari supplier, input, process, output, customer. Ada aktivitas bisnis di dalamnya.  

  1. Hubungkan setiap proses bisnis dengan keuangan
Keuangan akan melekat pada setiap aktivitas keuangan. Ingat konsep activity based costing atau yang lebih dikenal dengan ABC. Setiap aktivitas berdampak kepada keuangan perusahaan.

  1. Analisis dan buat anggaran .
Buat analisis keuangan dan sudah saatnya entrepreneur membuat anggaran perusahaan dengan baik agar bisa menjadi dasar untuk manajemen keuangan. Inilah tuntutan pemahaman atas manajemen keuangan.

  1. Buat keputusan .
Keputusan setiap entrepreneur harus benar-benar berbasis kepada keuangan perusahaan yang memperhatikan TP = TR – TC yaitu total profit dihasilkan dari total revenue dikurangi total cost.
  1. Melakukan evaluasi secara berkala
Kegiatan evaluasi keputusan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan perusahaan dengan membandingkan tujuan dengan realisasi dalam pengelolaan keuangan.

  1. Lakukan perbaikan dalam keuangan .
Perbaikan terus menerus adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur ketika menerapkan manajemen keuangan di perusahaan.

Inilah beberapa tips financial Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: