Bagi setiap entrepreneur, sudah saatnya membangun sebuah kesadaran bahwa setiap konsumen itu adalah asset yang tidak ternilai harganya. Sekali lagi, itu adalah konsep setiap konsumen, jadi, tidak membeda-bedakan konsumen yang mungkin selama ini seringkali di lakukan oleh entrepreneur dalam membangun bisnis dalam memandang setiap konsumen. Sejatinya, setiap konsumen itu harus dilihat dalam konteks mereka memasuki tahapan attention, interest, desire, action, puas dan loyal.

Ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur untuk bisa sukses dalam bisnis ditengah tingginya persaingan.

  1. Pahami setiap konsumen dan bisnis sendiri
Ingat, bisnis itu sangat tergantung kepada konsumen. “Bisnis itu bagaimana memindahkan uang dari saku konsumen ke saku entrepreneur” demikianlah pernyataan sederhana tentang bisnis yang menunjukkan bagaimana konsumen itu adalah jantungnya perusahaan. pahami need, want dan demand serta bagaimana value yang diberikan oleh perusahaan.

  1. Pahami bagaimana pesaing melayani konsumen
Saat ini, entrepeneur tidak hanya melihat diri mereka dalam melayani konsumen dalam perspektif diri sendiri, akan tetapi, tetap berkaca kepada pesaing. Pesaing itu adalah acuan bagaimana entrepreneur dalam memberikan layanan.

  1. Berikan superior value
Disinilah peran strategik pesaing dimana sejatinya entrepeneur itu harus memberikan superior value kepada konsumen. Superior value itu bagaimana nilai yang lebih baik dibandingk pesaing yang dilihat dari benefit yaitu product, people, service dan image yang dibandingkan dengan cost yaitu monetary cost, time cost, energy cost serta psychological cost

  1. Berikan service yang prima dan superior trust
Layanan prima atau service excellence yang didukung oleh bagaimana entrepeneur bisa memberikan superior trust kepada konsumen menjadi kunci membangun loyalitas konsumen.

  1. Bangun Customer Relationship Management (CRM)
Inilah makna bagaimana entrepreneur memperhatikan setiap konsumen sebagai sebuah asset dimana mereka harus sampai mencapai titik loyal. Membangun hubungan dengan setiap konsumen mulai dari planning, organizing, actuating dan controlling atas hubungan dengan konsumen.  
  1. Evaluasi
Kegiatan mengelola konsumen untuk mencapai loyalitas ini perlu dievaluasi dalam konteks karena dalam loyalitas itu ada repeat order, buying others, recommendation sampai dengan menolak pesaing.

  1. Lakukan perbaikan.
Entrepreneur harus melakukan perbaikan terus menerus dalam membangun konsumen itu menjadi loyal kepada perusahaan.

Inilah beberapa tips marketing Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: