Seorang entrepreneur dengan bisnis restoran ataupun rumah makan, hal yang paling penting diperhatikan adalah bagaimana mengelola keuangan perusahaan dengan fokus terlebih dahulu membuat anggaran perusahaan atau budgeting. Jelas sekali ini sangat penting bagi entrepreneur karena proses bisnis yang terjadi dalam bisnis restoran sangat unik dan bahkan banyak aktivitas yang seringkali tidak diperkirakan oleh entrepreneur.

1.       Memahami bahwa anggaran itu pegangan setiap entrepreneur
Hal ini menjadi penting karena persepsi yang benar terhadap anggaran akan membangun sikap mental yang benar dalam berbisnis. Selain itu, entrepreneur bisa mempersiapkan anggaran sesuai dengan rencana bisnis serta yang tidak kalah penting adalah bagaimana kontrol dan pengendalian anggaran.

2.       Memetakan setiap aktivitas bisnis
Seorang entrepreneur harus bisa memetakan setiap aktivitas bisnis yang ada di rumah makan yaitu bagaimana mulai dari keuangan, pemasaran, proses bisnis sampai dengan sumber daya manusia yang terlibat dalam aktivitas restoran tersebut. Semuanya harus dilihat dari kaca mata keuangan. Artinya, harus diuangkan.

3.       Memprediksi perubahan lingkungan bisnis
Entrepreneur harus bisa memprediksi perubahan lingkungan di bisnis restoran sehingga akan diketahui bagaimana dampaknya pada aspek keuangan. Misalnya, adanya kenaikan biaya transportasi, kenaikan sembako dan gaji karyawana. Ini penting bagi entrepreneur.

4.       Mendesain keuangan
Hal ini dimaksudkan agar setiap entrepreneur bisa mengukur setiap aktivitas bisnis dan dikonversi ke keuangan dalam perusahaan. jangan sampai semuanya tidak dikelola berdasarkan ke keuangan.

5.       Menuliskan
Entrerpeneur mulai menuliskan setiap aktivitas bisnis dalam bentuk keuangan. Ketika sudah menuliskan, akan diketahui bagaimana entrepreneur menganalisis keuangan perusahaan dan nantinya dijadikan sebagai dasar untuk mengelola keuangan. 

6.       Membandingkan dengan tahun lalu
Entrepreneur yang sudah membangun bisnis lebih dari satu tahun, tentu bisa membandingkan antara biaya yang sudah dikeluarkan pada tahun lalu dan dibandingkan dengan anggaran yang akan dibuat.

7.       Membandingkan dengan bisnis sejenis
Hal ini penting bagi entrepreneur untuk membuat perbandingan dengan perusahaan sejenis sehingga akan diketahui dengan jelas bagaimana posisi perusahaan entrepreneur dibandingkan dengan pesaing. Tentu harus bisa dianalisis dengan baik oleh setiap entrepreneur.

Inilah beberapa tips FINANCIAL MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: