Menjadi entrepreneur dengan memiliki bisnis tidak berbeda dengan perusahaan yang berskala menengah dan atau besar dimana mereka menjalankan sebuah program tanggung jawab sosial kepada masyarakat dimana mereka menjalankan bisnis. Tentu entrepreneur harus memberikan perhatian kepada program tanggungjawab sosial kepada masyarakat ini dengan tujuan membuat bisnis yang profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar.

  1. Menyadari tanggungjawab sosial ini sudah menjadi kebutuhan
Bagi seorang entrepreneur, memiliki program tanggungjawab sosial perusahaan itu adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi dengan melihat bahwa program ini akan memberikan kontribusi kepada perusahaan, khususnya dalam bentuk pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.
  1. Memahami proses bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur
Entrepreneur harus bisa mengenali dan menggali proses bisnis  yang ada sehingga akan dipahami dimana hubungan antara program CSR dengan perusahaan. hal ini penting karena berhubungan dengan pemilihan program CSR nantinya. Program CSR bukan lagi sebuah philantrophy tetapi harus menjadi strategi perusahaan.
  1. Memetakan masyarakat di sekiter perusahaan
Pemetaan masyarakat di sekitar perusahaan menjadi penting untuk dapat melihat need atau kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini, bisa dibuatkan skala prioritas yang menerima program serta kebutuhan merndesak mereka.
  1. Memetakan kebutuhan masyarakat
Kebutuhan menjadi fondasi untuk membuat program dimana kebutuhan itu bisa dilihat dari aspek kemiskinan, kesehatan, pendidikan, sosial, budaya dan lain-lain. Pemetaan inilah yang berhubungan dengan program CSR.
  1. Menyusun program sesuai dengan perusahaan dan kebutuhan masyarakat
Program CSR harus disesuaikan antara kebutuhan masyarakat dengan bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur. jangan sampai tidak memiliki korelasi karena nantinya akan melihat efektifitas dari program tersebut.
  1. Menjalankan program CSR
Program CSR harus dijalankan dengan efektif dan efisien dimana didukung oleh anggaran serta standard Operation dan juga orang-orang yang memiliki kompetensi dalam program ini. artinya, bukan orang yang asal tunjuk, tetapi paham hakekat program CSR dan juga masyarakat.
  1. Melakukan evaluasi dan perbaikan terus menerus
Entrepreneur harus bisa melakukan evaluasi secara berkala dan melakukan perbaikan terus menerus terhadap program CSR yang dijalankan.
Inilah beberapa tips CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: