Menjadi entrepreneur itu memang banyak sekali tugas yang harus dilakukan agar bisa membuat bisnis yang dijalankan dapat mencapai competitive advantage sehingga tujuan bisnis bisa dicapai. Keunggulan bersaing adalah kondisi yang wajib dicapai oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis sehingga menjadi entrepreneur itu benar-benar bisa memberikan value bagi entrepeneur.

Ingat, entrepreneur itu adalah pilihan professional setiap orang untuk menggapai kesuksesan dalam hidup. Salah satu hal yang paling penting bagi setiap entrepeneur adalah bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan di pasar. hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus bisa memahami perilaku konsumen.

1.       Sadari bahwa bisnis itu adalah value creation untuk konsumen
Entrepreneur harus menyadari bahwa bisnis itu adalah bagaimana entrepreneur menciptakan nilai bagi konsumen. Akan tetapi, konsumen mencari nilai yang superior dibanding pesaing. Inilah point utama bagi setiap konsumen dalam berbisnis dan memahami konsumen.

2.       Konsumen itu semakin pintar dan semakin tidak loyal
Konsumen saat ini semakin pintar terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan bahkan juga semakin pintar mengetahui perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk. Selain itu, mereka semakin tidak loyal kepada perusahaan atau produk

3.       Konsumen itu memiliki sebuah perilaku
Ini menjadi penting untuk dipahami saat ini setiap konsumen itu memiliki perilaku  yang membuat mereka melakukan pembelian terhadap sebuah produk. Hal ini diawali dari bagaimana mereka menemukan sebuah masalah dalam diri, mencari alternative solusi, mengevaluasi alternative solusi, membuat keputusan, menjalankan keputusan dan mengevaluasi setiap keputusan

4.       Pahami perilaku konsumen dengan baik
Pahami perilaku konsumen dengan baik karena inilah kunci sukses bisnis saat ini. perilaku inilah yang menjadi point untuk dapat mencapai keunggulan bersaing. Akan tetapi, perilaku itu juga berubah-rubah karena dipengaruhi oleh persepsi, motivasi, learning, personality serta attitude selain lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan budaya serta teknologi.

5.       Buat produk danlayani mereka
Perilaku konsumen yang sudah dipahami dengan baik menjadi dasar bagi setiap entrepreneur untuk membuat produk, baik berupa barang ataupun jasa. Ini menjadi poin utama bagi setiap entrepreneur dalam menawarkan produk sehingga konsumen mau memilih produk tersebut. Setelah itu, layani mereka dengan optimal.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: