Strategic management sangat relevan dan berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur harus bisa fokus dalam berfikir strategic dan fokus dalam mencapai keunggulan bersaing agar kinerja bisnisnya sesuai dengan target yang sudah ditetapkan sesuai dengan perubahan lingkungan bisnis yang selalu terjadi yaitu tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.

Sementara, konsep dasarnya entrepeneur itu harus tetap fokus pada mencapai kinerja bisnis dengan konteks tercapainya competitive advantage terlebih dahulu. Sudah menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan bagi entrepeneur. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dipahami

1.       Menganalisis business process perusahaan setiap entrepreneur
Langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap entrepeneur adalah mendesain proses bisnis yang ada dalam perusahaan mereka. Semuanya penting bagi entrepreneur karena semuanya berhubungan dengan bagaimana mereka mampu mendalami proses bisnis yang sangat strategjic.

2.       Memetakan lingkungan bisnis
Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur bisa memetakan lingkungan bisnis yang relevan dengan bisnsi mereka. Tentu, lingkungan bisnis itu ada lingkungan individu, lingkungan internal bisnis dan lingkungan eksternal bisnis. Lingkungan individu berhubungan dengan diri setiap entrepeneur dan relevan dengan talent, knowledge, skill, attitude serta morale yang dimiliki oleh setiap entrepeneur. Selanjutnya adalaeh lingkungan internal bisnis yang terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi, dan sumber daya manusia. Yang terakhir adalah lingkungan eksternal yaitu mikro yang terdiri dari konsumen, pesaing, distributor dan supplier. Sementara yang eksternal adalah politik, ekonomi, sosial dan budaya.

3.       Menganalisis lingkungan bisnis
Dalam hal ini, entrepreneur harus menganalisis dampak dari perubahan lingkungan bisnis berupa kekuatan, kelemahan, pelaung dan juga ancaman. Ini harus dianalisis satu persatu sehingga harus menjadi perhatian setiap entrepeneur. Hal ini menjadi penting dan strategic bagi entrepeneur dalam menjalanan bisnis dalam konteks strategic management.

4.       Terus belajar tentang bisnis dan lingkungan bisnis

Teruslah belajar tentang bisnis dan lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Teruslah belajar dan berlatih sehingga lingkungan bisnis ini bisa menjadi sebuah peluang bagi entrepeneur. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: