Menjadi seorang entrepeneur, jelas harus dipahami sebagai sebuah pilihan professional setiap entrepreneur dalam kehidupan ini. artinya, setiap entrepreneur harus menyadari kalau pillihan menjadi entrepeneur bukan asal-asalan, akan tetapi, terus mencari pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar-benar untuk menjalankan pilihan tersebut.

1.       Tetapkan tujuan dari diri dalam berbisnis
Seorang entrepreneur, harus menyadari bahwa menjadi entrepreneur itu harus memberikan manfaat untuk diri sendiri dalam artian ada tujuan pribadi yang harus dicapai dalam konteks bisnis tersebut. Tujuan pribadi seperti ingin mencapai kehidupan yang lebih baik.

2.       Tetapkan tujuan organisasi dalam berbisnis
Tujuan organisasi yang dalam hal ini adalah perusahaan menjadi arahan bagi karyawan lainnya dalam dalam bekerja. Tentu dalam hal ini, tujuan bersama dari seluruh stakeholders yang terlihat yaitu pemegang saham, manajemen, karyawan, masyarakat dan juga alam.

3.       Tetapkan tujuan profit
Entrepreneur harus menetapkan laba atau profit sebagai bentuk tujuan organisasi. Laba tersebut dihasilkan dari TP = TR – TC yaitu total profit yang dihasilkan dari total revenue yang dikurangi total cost.

4.       Tetapkan tujuan people
Tujuan yang berhubungan dengan people, berhubungan dengan bagaimana manfaat yang akan dirasakan oleh setiap orang yang terlibat dalam perusahaan. Khususnya karyawan yang sudah bekerja bagi perusahaan, masyarakat disekitar perusahaan, konsumen yang mengkomunsi produk serta berbagai pihak yang berhubungan dengan perusahaan.

5.       Tetapkan tujuan planet
Tujuan yang berhubungan dengan planet adalah bagaimana entrepeneur menjaga kelestarian alam.

6.       Tetapkan tujuan sustainability
Entrepreneur harus menetapkan tujuan yang berkelanjutan bagi bisnisnya, minimal untuk sepuluh tahun dalam menjalankan bisnis tersebut. Kenapa? Karena diperlukan konsep sistem manajemen yang kuat bagi entrepeneur dalam berbisnis.

7.       Tetapkan tujuan tumbuh dan berkembang
Bisnis yang dijalankan tersebut harus tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar. Kenapa demikian? Harus ada “naik kelas” dalam konteks skala bisnis dari waktu ke waktu yang akan dilewati oleh setiap entrepeneur dan bisnisnya. Oleh karena itu, perhatian entrepreneur harus benar-benar menjadi perhatian entrepeneru sehingga skala bisnisnya semakin besar.

Inilah beberapa tips Strategic Management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: