Beberapa waktu lalu, , ada satu pelajaran yang benar-benar sangat memberikan nilai bagi saya ketika mengantarkan ibu ke bandara Husein Sastranegara. Flight nya pukul 12.50 dan tidak terpikirkan akan selancar seperti biasanya kota Bandung. Luar biasa. Stress abis..... sehingga membuat banyak hal yang seharusnya tidak terjadi, menjadi masalah. Hal ini penting bagi setiap entrepreneur dan rasanya perlu saya sharing kepada teman-teman.

Kesalahan fatal yang saya lakukan adalah pertama, lupa dengan standar yang ada di penerbangan yaitu check ini itu maksimal satu jam sebelum take off. Asli, lupa sekali dengan standar yang ini sehingga yang terbayang adalah bahwa flight itu jam 12.50. seharusnya jam 11.50 sudah berada di bandara dan check in. Hmmm... jadi, jam 11 an masih dirumah dan berkomunikasi dengan rekan kerja.

Kedua, tidak memahami lingkungan yang mempengaruhi perjalanan tersebut. Ini yang selalu saya tekankan bagaimana setiap entrepreneur harus memahami lingkungan bisnis. Harusnya saya sadar bahwa hari ini adalah hari sabtu dan pastinya, bandung macet dengan berbagai kendaraan. Selain itu, jelas hujan segala.

Ketiga adalah yang paling berpengaruh itu prosesnya. Jelas,  saya harus memahami proses dari persiapan dari rumah, memasukkan barang kemobil, perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam yang biasanya sih, kalau tidak macet cukup 45 menit, lalu masuk ke parkiran bandara, memarkir mobil, check in, menunggu, lalu boardin dan take off. Inilah yang saya juga lupa tadi.


Ketiga pelajaran ini rasanya relevan dengan bisnis kita. Kesalahan dalam memahami apa bisnis kita (knowing your business) dan juga mengelola proses bisnis (knowing basic management) sebagai dua kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh entrepreneur berakibat fatal bagi entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. segalanya menjadi “grasa-‘grusu” dan stress. Jadi, jangan sampai teman-teman mengalami seperti itu karena pastinya tidak akan efektif dan efisien. Sukses buat kita malam minggu ini... mau ngajar SAP dulu di kampus
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: