Orang bilang bahwa, seorang manajer belum tentu seorang leder akan tetapi, leader itu sudah pasti menjadi seroagn manajer. Inilah yang menjadi tantangan setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka karena kedua konsep ini saling berhubungan dalam menjalankan bisni itu sendiri. Bahkan keduanya saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Rasaya, perlu diperhatikan kedua konsep ini agar bisa berhasil dalam mencapai tujuan bisnis itu sendiri.


Ada fakta yang tidak bisa dilepaskan oleh para entrepreneur yaitu pertama, bisnis itu tidak bisa dikerjakan sendiri sehingga akan membutuhkan orang banyak selain diri sendiri. jelas, mereka memiliki knowledge, skill dan attitude yang berbeda satu sama lain. Tidak ada kesamaan yang dimiliki oleh para karyawan dalam ketiga aspek tersebut.


Kedua, banyak aktivitas yang harus dikelola oleh para entrepreneur karena berhubungan dengan sumber daya yang ada yaitu man, money, machine, method, material, market  dan minute serta informasi. Semuanya harus dikelola dengan baik agar bisa memberikan hasil yang efektif dan efisien kepada bisnis para entrepreneur nantinya. konsep iniperlu diperhatikan agar semua sumber daya dapat memberikan value bagi perusahaan.


Yang ketiga, terjadi perubahan lingkungan bisnisyang tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi sehingga menuntut setiap entrepeneur untuk bisa mengelolanya dengan baik. tidak ada pengecualian untuk tidak mengelolanya dengan baik.


Disinilah kualitas manajerial yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka agar bisa mengelola sumber daya  tersebut. kemampuan manajerial menjadi penting yang dimulai dari planning, organizing dan actuating serta controlling atas apa yang sudah direncanakan pada awal kegiatan bisnis tersebut yang biasanya menggunakan indikator di awal dan tahun untuk membuat perencanaan dan diakhir tahun untuk melakukan evaluasi atas apayang sudah dicapai.


oleh karena itu, perlu memang setiap entrepreneur yang menjalankan peran sebagai leader untuk meningkatkan kualitas manajerial mereka.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: