Entrepeneur dalam menjalankan bisnis dihadapkan pada sebuah tantangan bagaimana mereka bisa mencapai competitive advantage atau keunggulan bersaing. Hal ini wajib dicapai karena tingginya tingkat persaingan karena setiap orang yang berbisnis akan memberikan superior value kepada konsumen dan bahkan juga dengan para entrepreneur itu sendiri dalam konteks profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. 

Salah satu tool yang bisa digunakan untuk mencapai keunggulan bersaing adalah information technology (IT) dalam konteks Enterprise Resources Planning (ERP) yang merupakan software yang mengintegrasikan seluruh aktivitas bisnis yang terdiri dari finance, marketing, operation dan Human Resources. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan oleh entrepreneur. 

  1. Memetakan business process
Hal ini penting untuk setiap entrepreneur sebelum menggunakan ICT dalam bisnis mereka karena proses bisnis yang dimulai dari Supplier, Input, Process, Output dan Consumer  (SIPOC) sehingga diketahui kontribusi setiap aktivitas bisnis dalam kerangka TP = TR – TC. 

  1. Menganalisis business process
Menganalsisis setiap proses bisnis sehingga dapat diketahui proses bisnis yang bisa dikurangi dampak negative atau positif, yang panjang bisa dipendekkan, yang berputar-putar bisa diluruskan sehingga proses bisnis menjadi efektif dan efisien.

  1. Membuat SOP
Hal ini diawali dengan menuliskan apa yang dilakukan dan dilakukan apa yang ditulis sehingga mereka bisa menyadari bahwa SOP itu menjadi kunci untuk diturunkan dalam konteks software atau IT. 

  1. Menggunakan software untuk menjalankan bisnis
Hal ini perlu dipahami dengan baik bagaimana IT softwar bisa membantu proses bisnis yang terjadi dalam bisnis itu sendiri. Kalau bisa, mulailah dari hal yang kecil dengan menggunakan Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft power point, lalu email, website sampai social media sehingga dapat mengurangi biaya. Tentu selanjutnya bisa dipertimbangkan untuk menggunakan software khusus dalam konteks ERP dalam proses bisnis mereka.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: